Thursday 28 January 2016

Tanda tanda Kehamilan Awal 1 Minggu Pertama setelah Menstruasi

Semua pasutri akan selalu bahagia jika tanda-tanda kehamilan mulai nampak. Momen itu paling dinantikan oleh Anda, pasangan, dan keluarga. Kehamilan juga bisa menjadi jawaban bahwa kesuburan pasangan suami istri itu tidak memiliki masalah. Kehadiran anak dalam kehidupan Anda dan pasangan akan membuat semakin lengkap dan sempurnanya sebuah pernikahan. 

Namun terkadang Anda masih suka bingung dengan tanda tanda kehamilan awal 1 minggu pertama karena sulit membedakan mana yang termasuk tanda tanda kehamilan atau akan menstruasi. Hal ini sagat wajar adanya apalagi bagi yang baru pertama kali mengalaminya atau baru saja menikah. Sebagai pasutri baru tentu saja akan berharap bisa mendapat kehamilan segera. Apalagi tidak lama setelah malam pertama Anda mengalami mual maupun terlambat menstruasi. 

tanda tanda kehamilan awal 1 minggu pertama
Image courtesy of [hin255] at FreeDigitalPhotos.net
 Tanda tanda Kehamilan Awal 1 Minggu Pertama



Anda juga harus pahami bahwa tidak semua mual itu merupakan tanda tanda kehamilan karena bisa saja salah makan sesuatu atau terlalu sering beraktivitas di luar rumah. Malah mungkin Anda justru tidak memperhatikan hal-hal sepele yang justru itu menjadi tanda tanda kehamilan awal. Kehamilan pada 1 minggu pertama jika dilihat dari segi medis yaitu terhitung dari hari terakhir Anda menstruasi. Jadi kehamilan 1 minggu pertama bukanlah dari 1 minggu setelah berhubungan intim namun dari seminggu datang bulan terakhir Anda.

Yang perlu Anda garis bawahi yaitu jangan sampai kurangnya pengetahuan Anda tentang tanda tanda kehamilan awal justru menyebabkan terjadinya keguguran. Misalnya, Anda masih sibuk mengurusi pekerjaan tanpa ingat waktu atau memakan berbagai makanan yang bisa memicu gangguan kehamilan. Selain itu, kurangnya pengetahuan Anda tentang tanda-tanda kehamilan awal 1 minggu pertama menjadikan kurang mempersiapkan kehamilan yang sehat dan sesuai.

Tanda tanda kehamilan 1 minggu pertama bisa terjadi berbagai macam hal yang mungkin berbeda tiap wanita. Walau pada umum tanda tandanya seperti perubahan payudara, mual dan terlambat menstruasi. Akan tetapi biasanya yang sangat menentukan yaitu dari kondisi medis setiap wanita yang hamil. Adapun tanda-tanda kehamilan 1 minggu pertama yaitu bisa dilihat dari beberapa poin kejadian baik secara medis maupun non medis. Berikut beberapa tanda tanda kehamilan awal 1 minggu pertama setelah menstruasi yaitu:

 Bercak Darah diikuti Kram Perut

Bercak darah akan muncul sebelum terjadi menstruasi yang akan datang akibat implamantasi atau sering dikenal sebagai implantation bleeding. Biasanya ini terjadi pada kehamilan minggu pertama atau sekitar 8-10 hari setelah terjadi ovulasi. Pendarahan ini terjadi karena proses menempelnya calon janin anda kedinding rahim, sehingga akan muncul bercak seperti halnya haid namun hanya sedikit. 


Sakit perut biasanya akan Anda rasakan akibat proses implamantasi calon janin. Hal ini wajar saja terjadi karena ada benda baru (janin) yang menempel pada rahim dan sebelumnya belum pernah ada. Kram perut ini bisa terjadi secara teratur dan terus berlanjut sampai kehamilan trimester dua. Semua itu akan mereda saat letak uterus berada ditengah dan panggul akan menyangganya.

Ada Perubahan Bentuk dan Ukuran Payudara

Pada kehamilan 1 minggu pertama akan terlihat payudara yang mulai membesar karena hormon esterogen dan progesteron yang mulai meningkat produksinya. Saat tersentuh menjadi lebih sensitif, lebih lembut bahkan bisa sampai sakit saat dipegang. Ukuran payudara pun menjadi lebih besar dari biasanya sehingga terasa lebih empuk.

Terkadang bahkan sampai terasa gatal pada payudaranya dan putingnya juga mulai membesar. Selain itu terjadi  aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen). Hormon tersebut diproduksi oleh tubuh saat ibu mengalami kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi bayi anda ketika terlahir ke dunia.

Terasa Mual sampai Muntah

Hampir semua wanita yang sedang hamil akan mengalami mual sampai muntah pada kehamilan awa atau 1 minggu pertama. Adapun pemicunya yaitu adanya produksi hormon yang meningkat secara mendadak. Produksi hormon yang meningkat ini membuat perut terasa sakit sehingga akan timbul rasa mual. Biasanya ini terjadi rutin tiap pagi hari atau biasa dikenal dengan morning sickness. Tapi bisa juga terjadi dari pagi sampai malam hari. Saat kehamilan memasuki usia trimester kedua barulah rasa mulai ini akan mulai mereda dan jarang terjadi. Terkadang pada kasus tertentu bau makanan atau parfum juga dapat mendorong rasa mual saat Anda hamil.

Cepat Lelah, Mengantuk dan Moody

Anda akan merasa cepat lelah padahal baru saja beraktivitas ringan seperti bersih-bersih atau memasak. Wanita yang mempunyai tekanan darah rendah akan memiliki potensi mengalami kelelahan yang lebih tinggi bahkan bisa saja sampai pingsan. Biasanya juga rasa kantuk akan mulai cepat Anda rasakan sacara terus menerus. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang diakibatkan semakin meningkatnya kinerja organ vital seperti jantung, ginjal dan paru-paru.

Keberadaan janin dalam rahim akan mendorong organ vital bekerja lebih ekstra agar dapat terpenuhi kebutuhan keduanya. Tanda tanda pada kehamilan 1 minggu pertama juga akan mudah tersinggung atau moody.Jika Anda mengalami hal ini tidak perlu khawatir. Istirahat yang cukup bisa segera membantu memulihkan kondisi badan Anda.

Lebih Sering Buang Air Kecil (Frequent Urination)
Setelah menstruasi terlambat satu minggu pertama maka hasrat untuk buang air kecil menjadi lebih sering dibandingkan biasanya. Penyebabnya yaitu janin yang mulai tumbuh pada rahim akan menekan kandung kemih. Selain itu urin juga akan lebih cepat mengisi kandung kemih sehingga semakin mempercepat keinginan buang air kecil. Selain itu bisa juga disebabkan oleh produksi hormon kehamilan yang semakin meningkat.

Kehamilan adalah sesuatu yang selalu Anda harapkan. Kehadiran buah hati akan membuat hubungan Anda dengan suami semakin erat. Suara tangisan bayi pun akan membuat hidup suasana dalam rumah. Sebagai wanita Anda harus peka terhadap tanda tanda kehamilan awal 1 minggu pertama terutama setelah menstruasi. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment