Wednesday 30 December 2015

Adakah Efek Samping Pasca Keguguran tanpa Kuret?

Apakah keguguran tanpa kuret mempunyai efek samping? Apa saja yang bisa Anda lakukan ketika mengalami keguguran?. Bagi Anda yang mengalami keguguran pasti akan merasa sedih sekaligus bingung harus bagaimana menyikapinya. Tak jarang pula yang tidak melakukan tindakan apapun saat terjadi keguguran karena memang kurangnya pengetahuan tentang perawatan medis yang seharusnya dilakukan. Lalu apa makna dari keguguran?.

Definisi keguguran itu sendiri adalah peristiwa dimana janin yang berada di dalam rahim berhenti tumbuh atau kebanyakan menyebut janinnya mengalami kematian. Janin yang telah mati harus segera dikeluarkan dari dalam rahim. Semua ibu hamil rentan mengalami keguguran, terutama yang sudah memasuki usia 40 tahun ketika mengandung. Saat Anda sudah menikah sebaiknya memahami tanda-tanda kehamilan untuk mencegah terjadinya keguguran. Selain itu, usia kehamilan yang baru menginjak 12 minggu pertama juga sangat berpotensi terjadi keguguran. Kuret selalu dikaitkan dengan keguguran karena sifatnya yang memang dibutuhkan untuk mencegah terjadinya efek samping pasca terjadi keguguran.
Adakah Efek Samping Pasca Keguguran tanpa Kuret?
Image courtesy of [David Castillo Dominici] at FreeDigitalPhotos.net
Efek Samping Pasca Keguguran tanpa Kuret
 
Apa itu kuret? pertanyaan itu masih sering diajukan oleh beberapa ibu hamil. Padahal alangkah baiknya Anda mengetahui secara persis tentang kuret sebelum terjadi kehamilan. Hal ini dapat menjadi wujud pencegahan terjadinya efek samping negatif pasca keguguran. Kuret adalah sebuah aturan medis yang menggunakan alat khusus guna membersihkan jaringan janin yang telah mati dari leher rahim.

Beberapa dokter sering mengatakan bahwa kuret tidak perlu dilakukan jika usia kehamilan kurang dari 7 minggu. Akan tetapi, sebagai bentuk kewaspadaan Anda sebaiknya kuret tetap dilakukan agar tidak ada lagi jaringan janin yang tersisa di dalam rahim.  Alangkah baiknya jika Anda selalu menjaga kehamilan sekuat tenaga. Bila perlu konsumsi makanan yang mampu memberi asupan dan memperkuat janin seperti kacang hijau. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil 3 bulan pertama sangatlah besar.

Jika Anda mengalami keguguran, Anda tidak perlu khawatir ataupun takut untuk melakukan kuret karena kemungkinan besar ada efek samping pasca keguguran jika tidak segera dilakukan kuret. Adapun efek samping keguguran tanpa kuret yaitu sebagai berikut:

Dapat Terjadi Gangguan Kesehatan Rahim

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa janin yang telah mati dalam rahim harus segera dipaksa keluar. Jika masih ada jaringan janin yang tersisa dalam rahim dapat menyebabkan timbulnya gangguan di kemudian hari. Munculnya penyakit tertentu pada rahim bisa saja terjadi cepat atau lambat. Kondisi rahim yang tidak bersih juga akan berdampak pada kesehatan Anda sepanjang waktu. Itulah perlunya kuret untuk bisa membersihkan sisa janin semaksimal mungkin.

Berpotensi Menderita Penyakit Kurang Darah atau Anemia

Salah satu efek samping pasca keguguran yaitu Anda akan kehilangan banyak darah akibat dari keluarnya janin dari rahim. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya anemia atau bahkan infeksi yang lebih parah pada rahim jika tidak dilakukan kuret. Rahim adalah organ reproduksi yang harus Anda jaga agar tetap normal seperti semula. Oleh karena itu, Anda harus dapat mempertimbangkan efek samping yang akan terjadi jika pasca keguguran tidak dilakukan kuret.

Baca juga : 5 Khasiat Buah Manggis untuk Asupan Gizi Ibu Hamil Muda

Munculnya Pendarahan yang Berlebihan

Pendarahan yang muncul akibat keguguran tidak dapat dihindarkan, yang bisa Anda lakukan hanyalah meminimalisir keluarnya darah yang terlalu banyak. Keguguran tanpa kuret lebih memungkinkan terjadinya pendarahan yang lebih banyak dan lama. Jangka waktu pendarahan akibat keguguran tanpa kuret bisa mencapai tujuh hari hingga lebih dari sebulan. Keluarnya darah yang terlalu banyak dan lama menyebabkan timbulnya rasa sakit dan pastinya semakin memperlambat proses pemulihan fisik Anda. 

Rasa Takut yang Akan Selalu Muncul

Jika keguguran tanpa kuret menjadi pilihan Anda biasanya secara tidak langsung akan menjadi tekanan dan takut untuk hamil lagi. Perasaan takut itu muncul karena  Anda masih merasa tidak yakin akan kebersihan rahim dari sisa-sisa jaringan janin. Apabila sudah terlanjur, Anda bisa mengambil langkah dengan melakukan konsultasi secara rutin dengan dokter tentang kesehatan rahim Anda. Tidak ada hal yang percuma, Anda hanya perlu sedikit lebih antisipasi.

Timbulnya Kista dan Kanker Rahim

Sisa jaringan janin yang tersisa pada rahim Anda dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit kista dan kanker rahim. Pada awalnya kista lebih cepat tumbuh pada rahim Anda. Jika hal ini terus berlanjut dan tidak ada penanganan medis, bahaya kista pun akan semakin besar. Kista akan berubah menjadi penyakit lebih serius bahkan dapat menjadi penghalang bagi Anda yang ingin hamil lagi. Kanker rahim juga bisa timbul dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan kista. Kista dan kanker rahim adalah contoh beberapa efek samping pasca keguguran tanpa kuret.

Well,,, keguguran tanpa kuret seharusnya tidak dilakukan mengingat banyaknya efek samping yang muncul dan berdampak pada kesehatan Anda. Alangkah baiknya jika Anda melakukan pencegahan dengan melakukan kuret daripada harus mengobati penyakit yang akan timbul nantinya. Jangan lupa untuk selalu komunikasikan dengan orang terdekat Anda untuk semakin memperkuat dan meyakinkan Anda. Upayakan Anda juga rajin berdiskusi dengan dokter untuk mencegah efek samping pasca keguguran tanpa kuret.

BACA JUGA

Makanan Ibu Hamil 4 Bulan Pertama agar Bayi Cerdas dan Sehat

Cara Masak Bubur Kacang Hijau sebagai Makanan Sehat untuk Ibu Hamil


Berhubungan Intim saat Hamil 8 Minggu... Amankah?


Susah Hamil? Berikut Beberapa Penyebabnya


Khasiat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Mitoskah?

 




0 komentar:

Post a Comment