Wednesday 20 January 2016

7 Penyebab Seputar Penyakit Kanker Payudara pada Wanita

Akhir-akhir ini info tentang penyakit kanker payudara semakin santer beredar di kalangan masyarakat terutama para wanita. Hal ini dikarenakan wanita mempunyai kecenderungan lebih besar terkena penyakit kanker payudara dibandingkan pria. Betul.. wanita mempunyai prosentasi 100 kali lebih berisiko terkena penyakit kanker payudara. 
Image courtesy of [marin] at FreeDigitalPhotos.net
7 Penyebab Seputar Penyakit Kanker Payudara pada Wanita

Seperti yang kita ketahui bersama, payudara merupakan salah satu organ paling penting sekaligus pribadi bagi setiap wanita. Anda pasti selalu berhati-hati dalam menjaga kesehatan payudara dalam setiap kegiatan. Kewaspadaan adalah salah satu langkah nyata sebagai wujud kehati-hatian Anda. Hal tersebut baik untuk meningkatkan kesadaran pentingnya memeriksakan payudara Anda secara berkala ke dokter. 

Pada dasarnya belum dapat dipastikan penyebab pasti wanita terkena penyakit kanker payudara.
Namun, ada beberapa beberapa penyebab yang memungkinkan terbentuknya penyakit kanker payudara pada wanita. Berikut 7 penyebab seputar penyakit kanker payudara pada wanita:

Penyebab penyakit kanker payudara pada wanita:

1. Usia Senja

Faktor usia sangat lah mempengaruhi terbentuknya penyakit kanker payudara pada wanita. Semakin bertambahnya usia maka kemungkinan terkena penyakit kanker payudara pun akan semakin besar. Beberapa data menunjukkan bahwa kasus penyakit kanker payudara terjadi ketika wanita memasuki usia monopause.

2. Faktor Genetik atau Keturunan.  

Beberapa kasus menunjukkan ketika dalam satu keluarga ada yang menderita penyakit kanker payudara maka besar kemungkinan penurunan gen kanker pun akan semakin besar. Risiko terkena penyakit kanker payudara akan menjadi dua kali lipat dibandigkan yang tidak mempunyai faktor keturunan.

3. Jenis Kelamin.

 Payudara adalah salah satu organ yang dimiliki oleh wanita maupun pria. Walapun payudara pria tidak mengalami perkembangan lebih lanjut. Akan tetapi, risiko terkena penyakit kanker payudara pada wanita jauh lebih besar dibandingkan pria yaitu sekitar 100 kali lipat. 

4. Konsumsi Obat-obatan dan Alkohol. 

Wanita yang melakukan terapi pengobatan hormon postmenopausal yaitu mengkombinasikan esterogen dan progesterone untuk mengobati tanda dan gejala menopause justru memiliki peningkatan risiko penyakit kanker payudara. Apalagi jika diiringi dengan konsumsi alkohol yang terlalu sering. Hal ini tentu saja akan semakin menambah kemungkinan terjangkit penyakit kanker payudara.

5. Gaya Hidup. 

Salah satu gaya hidup yang lagi tren sekarang ini adalah implan payudara. Mungkin wanita yang melakukannya didasarkan untuk meningkatkan rasa percaya diri atau menyenangkan suami bagi yang sudah menikah. Namun, ada bahaya besar yang mengintai wanita yang melakukan implan payudara seperti kemungkinan terkena penyakit kanker payudara. Apapun itu, ketika ada benda baru di dalam payudara Anda memungkinkan risiko yang semakin tinggi.

6. Berat Badan yang Terlalu Berlebihan atau Obesitas. 

Pendapat bahwa diet tidaklah penting untuk mencegah timbulnya penyakit kanker payudara tidaklah benar. Makan dan minum yang tidak terarah akan memungkinkan menambah berat badan Anda. Risiko terkena penyakit kanker payudara pun semakin tinggi. Hal ini diarenakan sel lemak memproduksi estrogen, salah satu zat pemicu kanker.

7. Faktor lain. 

Faktor lain yang juga diduga ikut mempengaruhi terbentuknya penyakit kanker payudara seperti payudara yang terlalu padat (sel-sel yang semakin banyak akan mempertinggi sel tersebut terkena jaringan kanker), mengalami menstruasi dini yaitu sebelum usia 12 tahun, paparan sinar radiasi misalnya sinar-X, perubahan gen, menikah tapi tidak mengalami kehamilan serta tidak pernah menyusui anak.

0 komentar:

Post a Comment