Thursday 14 January 2016

Bagaimana Cara Merencanakan Dana Pendidikan Anak secara Tepat?

Pendidikan anak adalah salah satu hal yang harus dipikirkan oleh orang tua. Pendidikan wajib yang menempuh waktu 16 tahun ini sudah menjadi hak yang seharusnya diperoleh anak. Anda pasti menginginkan anak Anda mendapatkan pendidikan yang terbaik dan sesuai target. Untuk urusan pendidikan anak alangkah baiknya jika Anda rencanakan sejak awal misalnya bisa dimulai dari waktu awal ia terlahir atau masih dalam kandungan. Lalu, bagaimana cara merencanakan dana pendidikan anak yang tepat?...
Image courtesy of [ddpavumba] at FreeDigitalPhotos.net
Rencanakan Dana Pendidikan Anak secara Tepat

Seiring perkembangan zaman, ada berbagai cara yang bisa Anda pertimbangkan dalam merencakan dana pendidikan. Langkah awalnya Anda harus jeli dalam memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi. Seperti yang Anda ketahui dana yang dibutuhkan untuk mengeyam pendidikan di perguruan tinggi tidaklah sedikit. Anda juga psti tidak pernah membayangkan jika harus menyekolahkan anak dari uang hasil hutang bukan?....

Dana pendidikan anak yang selalu terpenuhi dan lancar adalah idaman bagi setiap orang tua. Rasanya akan sangat menyenangkan jika anak Anda bersekolah tanpa perlu pusing memikirkan biaya karena semua sudah di perhitungkan secara matang. Untuk menghindari krisis keuangan, berikut beberapa cara yang dapat menolong Anda merencanakan biaya pendidikan anak sehingga Anda tidak perlu khawatir saat waktunya tiba.

Tilik Kembali Persediaan Dana Anda

Apakah Anda sudah cukup memiliki dana untuk pendidikan anak Anda? Awal baik yang bisa Anda lakukan adalah menilik kembali semua persediaan dana seperti simpanan, asuransi pendidikan, dan harta benda lainnya sebagai cadangan. Semua dana tersebut bisa segera Anda akumulasikan dan hitung sebagai bahan pertimbangan dalam memenuhi pendidikan anak Anda nantinya. Jika memungkinkan Anda bisa mencatat semua dana yang bisa dikumpulkan saat nanti anak Anda mencapai usia sekolah. 

Perlu Anda ingat juga untuk selalu memperhatikan dana cadangan sebagai solusi jika nanti ada hal tidak diinginkan terjadi. Hitunglah semua dana pendidikan anak Anda dengan bantuan kalkulator pendidikan kemudian asumsikan dengan kecukupan dana yang dimiliki.

Catatlah Dana Pendidikan Anak Anda

Ketika anak Anda lahir alangkah baiknya jika Anda juga sudah mulai memikirkan dana pendidikannya. Anda bisa mulai menyisihkan penghasilan untuk dana pendidikannya nanti. Catalah jumlah dana yang diperlukan dari mulai TK sampai perguruan tinggi dengan mempertimbangkan laju ekonomi. Hitunglah semua dananya dan kalkulasikan nilai yang mungkin diperoleh di masa depan. Catatan juga bisa dijadikan sebagai acuan mengingat dana pendidikan terus meningkat tiap tahunnya.

Tentukan Investasi Pendidikan Anak secara Tepat

Pendidikan anak adalah tanggung jawab Anda sebagai orang tua. Sebelum menentukan jenis investasi pendidikan, sebaiknya Anda harus benar-benar berhitung berapa kebutuhannya di masa depan dengan mempertimbangkan apakah ini sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Anda harus mampu mengidentifikasi tingkat keamanan lembaga investasi dana pendidikan sebagai upaya pencegahan terjadinya risiko. Anda pasti tidak ingin penghasilan yang diperoleh dengan susah payah harus lenyap akibat dari kecerobohan memilih lembaga investasi.

Beberapa perencana keuangan menyarankan agar para orang tua sebaiknya menyiapkan dana pendidikan sejak hamil. Bahkan tanpa terkecuali untuk pasangan suami istri yang susah memiliki anak. Semuanya harus Anda persiapkan secara matang demi masa depan anak Anda nantinya.

Carilah Solusi untuk Menutup Kekurangan Dana Anda

Untuk menghindari kekurangan dana untuk pendidikan anak Anda maka sebaiknya sejak dini sudah mulai dipikirkan solusinya. Misalnya berapa banyak dana yang perlu Anda tambahkan guna memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak Anda saat mencapai perguruan tinggi. Anda harus peka terhadap asumsi inflasi dan pertimbangan laju investasi.
Konsultasikan dengan ahli perencana keuangan untuk membantu Anda bagaimana cara menutupnya jika terjadi kekurangan dana. Aktiflah mencari infromasi terkini dari beberapa sumber seperti media elektronik, media cetak ataupun mengikuti workshop.

Singkatnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam rangka merencanakan dana pendidikan anak Anda. Semuanya tidak akan berhasil tanpa kerjasama yang baik antar anggota keluarga. Oleh karena itu, komunikasin dan libatkan anggota keluarga Anda tentang bagaimana cara merencanakan pendidikan anak secara tepat. Good luck...

0 komentar:

Post a Comment