Monday 15 February 2016

Khasiat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Mitoskah?

Air kelapa muda, hmmmm... Anda sebagai ibu hamil pasti sudah membayangkan betapa segar dan nikmatnya saat menyeruput barang segelas saja. Kalo ngomongin khasiat air kelapa muda untuk tubuh memang tidak ada duanya. Lalu sebenarnya perlu ga sih ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi air kelapa muda? Banyak mitos yang menyebutkan kalo air kelapa muda punya keajaiban jika dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Orang tua jaman dulu utamanya sangat menyarankan saat sedang hamil dan menyusui agar perbanyak minum air kelapa muda. Alasannya pun berbagai macam seperti biar nanti bayinya berkulit putih bersih atau bagus rupanya.

Khasiat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Mitoskah?
Image courtesy of [Serge Bertasius Photography] at FreeDigitalPhotos.net
 Khasiat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Mitoskah?




Air kelapa muda yang sangat menyegarkan dapat menjadi pilihan sebagai minuman alami untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Kelapa sebagai salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia pun menjadikan buah ini tidak sulit untuk ditemukan dimanapun. Untuk itu, mitos minum air kelapa muda untuk ibu hamil dan menyusui sebenarnya boleh-boleh saja jika melihat semua khasiat yang terkandung di dalamnya. Apa saja khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil dan menyusui? Berikut beberapa dampak positif yang bisa didapatkan ibu hamil dan menyusui saat mengkonsumsi air kelapa muda.

Mengandung Elektrolit Alami

Apa itu elektrolit? Elektrolit adalah salah satu jenis mineral yang dapat membantu memulihkan cairan tubuh yang telah hilang saat Anda beraktivitas. Saat Anda beraktivitas maka cairan tubuh ada yang hilang dan berubah menjadi keringat. Apabila terus dibiarkan cairan di dalam tubuh akan semakin berkurang dan timbul efek seperti pusing, demam panas, bahkan bisa sampai kejang. Kandungan elektrolitnya membuat khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil sangat membantu untuk mengurangi kontraksi otot saat hamil 3 bulan pertama.

Elektrolit alami bisa Anda temui dalam berbagai tanaman, tetapi sampai saat ini air kelapa muda masih menjadi juaranya. Kandungan elektrolit yang banyak dalam air kelapa muda membuatnya jadi buah idaman bagi semua orang terutama ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda rajin mengkonsumsi air kelapa muda untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh khususnya saat hamil dan menyusui.

Fungsi sebagai Diuretik Alami

Kandungan elektrolitnya yang sangat baik untuk menangani dehidrasi, air kelapa muda juga memiliki fungsi diuretik alami. Makanan sehat untuk ibu hamil dan menyusui yang juga mengandung fungsi diuretik alami ini menjadikan air kelapa muda berkhasiat sebagai:
  • Baik dikonsumsi agar proses pembuangan urin menjadi lancar untuk ibu hamil dan menyusui
  • Kandung kemih menjadi lebih bersih karena lancarnya pembuangan urin
  • Membantu membuang racun di dalam tubuh melalui urin dan mencegah saluran kemih terkena infeksi

Semua fungsi diuretik alami ini sangat membantu untuk kesehatan terutama bagi ibu hamil dan menyusui karena ada berbagai perubahan hormon yang dialaminya. Saat sedang hamil dan menyusui maka Anda perlu asupan makanan yang lebih agar bisa selalu fit di setiap kegiatan.

Pencegahan Berbagai Macam Penyakit

Kandungan larutan asam laurat dalam air kelapa muda sangat baik sebagai upaya pencegahan berbagai macam penyakit. Beberapa karakteristik kandungan asam laurat dalam air kelapa muda yaitu:
  • Anti bakteri
  • Anti virus
  • Anti jamur
Semua karakteristik asam laurat tersebut menjadikan ibu hamil terjaga kesehatannya juga bayi yang dikandungnya. Bukankah itu sangat menyenangkan? Air kelapa muda bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil dan menyusui agar bayi cerdas dan sehat.

Membantu Fungsi Pencernaan

Tidak menutup kemungkinan bahwa ibu hamil akan mengalami gangguan kehamilan seperti fungsi pencernaan yang melambat. Saat hamil, plasenta terpicu untuk memproduksi hormon progesteron sehingga mengaibaktkan lambatnya fungsi pencernaan. Akan tetapi dengan mengkonsumsi air kelapa ini dapat membuat fungsi pencernaat kembali berjalan cepat. Adapun gangguan pencernaan yang sering dialami seperti:

  • Diare
  • Sembelit
  • Susah buang air besar
Sumber Energi

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak energi untuk beraktivitas. Beratnya beban bayi yang dikandung serta pembagian sari makanan saat menyusui membuat energi cepat terkuras. Air kelapa yang mengandung banyak glukosa dapat menjadi pilihan makanan untuk ibu hamil dan mnyusui. Khasiat air kelapa muda ini sangat membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan energi untuk kegiatan sehari-hari. Asupan gizi ibu hamil harus sangat diperhatikan agar bayi bisa selalu sehat .

Bunda, Anda cukup konsumsi air kelapa muda secara rutin untuk membantu menunjang kesehatan bayi. Tak jarang mitos yang biasa dikatakan oleh orang tua memang banar adanya. Kandungan berbagai macam gizi dalam air kelapa tentu bisa menjadi jawaban mitos tersebut. Efek yang diberikan air kelapa muda untuk ibu hamil dan menyusui sangatlah baik dan disarankan. Itulah beberapa khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil dan menyusui sebagai jawaban mitos yang telah alam beredar di kalangan masyarakat. Good Luck.

Artikel Terkait Lainnya

Tanda tanda Kehamilan Awal 1 Minggu Pertama setelah Menstruasi

Apa Saja yang Perlu Anda Lakukan untuk Mempersiapkan Kehamilan


Susah Hamil? Berikut Beberapa Penyebabnya


Adakah Efek Samping Pasca Keguguran tanpa Kuret?


Berhubungan Intim saat Hamil 8 Minggu... Amankah?

0 komentar:

Post a Comment