Thursday 11 February 2016

Cara Alami Atasi Panas Demam pada Anak dengan Kentang dan Honje

Sebagai orang tua ada kalanya akan bingung dan khawatir ketika anak mengalami demam panas. Ada berbagai cara alami atasi demam panas pada anak seperti kentang dan honje. Demam panas bisa saja terjadi pada anak-anak kapan saja. Bahkan bisa saja secara mendadak panas demam menyerang pada anak tanpa diketahui awalnya. Usia anak memang sangat rentan terkena penyakit seperti demam panas. Apalagi pada musim hujan seperti ini cenderung banyak virus dan bakteri yang perkembangannya semakin pesat. 


Cara Alami Atasi Panas Demam pada Anak dengan Kentang dan Honje
Image courtesy of [Kdshutterman] at FreeDigitalPhotos.net
Cara Alami Atasi Panas Demam pada Anak dengan Kentang dan Honje


Lalu apa sebenarnya penyebab demam tersebut?


Demam panas sebenarnya suatu proses pertahanan tubuh untuk melawan infeksi dari luar. Ada berbagai penyebab munculnya infeksi seperti bakteri dan virus yang semakin merebah dan pesat perkembangannya. Saat terjadi demam maka secara otomatis tubuh mampu memproduksi sel darah putih. Bertambahnya sel darah putih tersebut maka kekebalan tubuh akan tejaga karena antibodi yang tercipta semakin banyak.

Penyebab Demam Panas pada Anak yaitu:


1. Terkena infeksi virus maupun bakteri.
2. Sering terkena angin sampai tejadi flu.
3. Menderita diare baik disebabkan oleh virus maupun bakteri.
4. Adanya bronkhitis atau infeksi saluran kencing.
5. Terkena penyakit amandel atau radang pada faring laring.
6. Efek samping dari suatu obat tertentu yang dikonsumsi anak.

Anda harus teliti dan bijak dalam mengatasi demam panas pada anak. Jangan sampai rasa panik dan was-was yang berlebihan justru membuat Anda memilih cara praktis untuk menyembuhkannya. Akan tetapi ada beberapa langkah awal yang bisa segera Anda terapkan ketika demam panas mulai melanda anak Anda.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah demam panas pada anak yaitu:


1. Pilihlah pakaian yang berbahan ringan dan pendek untuk dikenakan anak.
2. Tanggalkan selimut dan jaket dari anak.
3. Usahakan kondisi ruangan dalam keadaan sejuk sehingga anak merasa nyaman.
4. Gunakan air hangat untuk membersihkan tubuh anak.
5. Sebisa mungkin hindari anak untuk mandi dengan air dingin karena dapat menyebabkan tubuh semakin menggigil.
6. Cobalah untuk perbanyak minum air putih secara rutin.

Setelah memberikan pertolongan awal untuk mengatasi demam panas pada anak maka segera tindaklanjuti dengan memberikan obat. Memang ada berbagai cara untuk meredakan demam panas pada anak baik secara tradisional maupun medis.

Biasanya obat dari apotek menjadi pilihan alternatif yang Anda pilih dengan pertimbangan seperti mudah didapat dan cepat meredakan panas demam pada anak.  Rasa khawatir dan panik segera melanda ketika anak Anda terkena demam sehingga memilih yang instan. Benar bukan? Tapi sebenarnya memilih cara alami justru lebih baik dan efektif. Selain sifatnya yang lebih mudah beradaptasi dengan kondisi tubuh anak, cara alami juga tidak terlalu membutuhkan banyak dana dalam mendapatkannya.

Ada banyak tumbuhan alami yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan panas demam seperti bawang merah, kunyit, maupun temulawak. Umumnya bahan-bahan tersebut digunakan oleh banyak orang karena dikenal turun temurun meredakan panas demam.

Akan tetapi ada beberapa cara alami yang bisa Anda berikan untuk anak ketika terserang panas demam seperti kentang dan honje. Kentang sangat bagus diberikan pada anak mulai dari usia bayi sampai usia sekolah dasar. Adapun penerapannya sangatlah mudah. Anda cukup menyediakan kentang dan dilengkapi dengan kaos kaki. Pakai kaos kaki yang masih bersih yah bunda.
Kentang Atasi Demam Panas Anak
Image courtesy of [SOMMAI] at FreeDigitalPhotos.net
 Kentang Atasi Demam Panas Anak

Proses yang pertama yaitu  Anda harus menumbuk kentang sampai lembut . Kemudian tuangkan ke dalam kaos kaki yang telah disiapkan sampai batas tertentu yang menurut Anda pas. Setelah itu mulailah untuk mengkompres tumit bayi Anda sampai waktu tertentu. Anda bisa menyesuaikannya sendiri waktunya agar demam panas bisa mulai mereda.

Honje sebagai Cara Alami Atasi Demam Panas pada Anak
Honje sebagai Cara Alami Atasi Demam Panas pada Anak

Selain itu, saat anak Anda menderita demam panas, sari honje bisa jadi cara alami untuk menyembuhkannya. Ambil beberapa batang muda tanaman honje, kemudian tumbuklah sampai keluar sarinya. Gunakan saringan kain agar ampas batang honje tidak ikut masuk pada wadah yang telah disediakan. Agar rasanya lebih enak, campurkan dengan madu secukupnya. Beri sari honje secara berkala pada anak agar mendapat asupan yang cukup. Sari batang honje mengandung aneka ion seperti potasium yang sangat dibutuhkan tubuh saat anak demam panas. Asupan sari honje ini dapat menggantikan ion tubuh yang menghilang karena panas yang dikeluarkan oleh tubuh anak saat demam melanda.   

Demikian beberapa tanaman yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan panas demam pada anak. Usia anak yang rentan terkena demam panas mengharuskan Anda untuk lebih ketat dalam mengawasi perkembangan kesehatannya. Hindari kepanikan yang berlebihan karena justru akan membuat Anda lambat dalam memberikan pertolongan. Jangan terburu-buru dan terbiasa memberikan obat apotek dalam menyembuhkan demam panas anak terutama saat masih usia bayi. Cara Alami Atasi Panas Demam pada Anak dengan Kentang dan Honje bisa menjadi pilihan Anda. Semoga bermanfaat!


Informasi Menarik Lainnya:

Benarkah Kopi Dapat Mencegah Kejang Demam pada Anak?


Lakukan 5 Cara Ini Untuk Tangani Tantrum pada Anak

Tips untuk Ibu Muda Mengatasi Tantrum pada Anak Autis

Makanan Ibu Hamil 4 Bulan Pertama agar Bayi Cerdas dan Sehat

Panduan Akses Internet yang Aman untuk Perkembangan Anak Usia 4 Tahun Ke atas 

0 komentar:

Post a Comment