Wednesday 24 February 2016

Penyebab Kanker-Cegah Kanker dengan Berhenti Konsumsi Junk Food dan Jenis Makanan Ini


Apa saja makanan penyebab kanker? Jika Anda gemar makan junk food, sebaiknya mulailah untuk menguranginya dan latihlah mengkonsumsi makanan sehat. Ada berbagai makanan yang ternyata dapat menjadi penyebab kanker yang biasa Anda konsumsi sehari-hari. Makanan itu bisa menyehatkan sekaligus menimbulkan penyakit. Untuk itu, Anda harus bisa memilah makanan dengan tepat.   

Penyebab Kanker-Cegah Kanker dengan Berhenti Konsumsi Junk Food dan Jenis Makanan Ini
Image courtesy of [KEK064] at FreeDigitalPhotos.net
Penyebab Kanker-Cegah Kanker dengan Berhenti Konsumsi Junk Food dan Jenis Makanan Ini

Penyakit kanker bisa muncul kapan saja dan pada siapa saja. Satu hal yang bisa Anda lakukan adalah sengan mencegahnya. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya kanker. Salah satunya yaitu dengan berhenti konsumsi makanan penyebab kanker. Selama ini mungkin Anda sudah terbiasa makan aneka makanan untuk menu sehari-hari. Tapi pasti Anda tidak tahu dari sekian banyak junk food dan olahan makanan lain justru memicu tumbuhnya kanker. Lalu makanan yang bagaimana yang bisa menyebabkan kanker? Berikut beberapa makanan penyebab kanker yang bisa Anda hindari.

Junk Food

Dilansir dari wikipedia , Junk food adalah istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Makanan nirnutrisi mengandung jumlah lemak yang besar. Memang junk food banyak disukai orang. Tampilan dan rasanya yang menggoda membuat junk food menjadi pilihan untuk mengisi perut Anda.

Penyajiaannya yang instan juga semakin membuat junk food menjadi makanan primadona bagi banyak orang. Akan tetapi, rendahnya nutrisi dalam junk food ini sangat riskan menjadi penyebab kanker. Cegah kanker dengan berhenti makan makanan cepat saji ini sangat dianjurkan.

Makanan Berlemak

Makanan berlemak ini menjadi salah satu jenis makanan yang dapat memicu penyakit kanker seperti kanker payudara. Anda harus tahu bagaimana cara mendeteksi kanker payudara untuk kewaspadaan diri. Jika Anda mengurangi konsumsi makanan berlemak maka akan lebih sedikit berpotensi terkena kanker ini di bandingakan dengan yang gemar mengkonsumsi makanan berlemak. Adapun alasannya yaitu karena dalam makanan berlemak akan dapat memproduksi hormon estrogen yang memicu sel kanker. Makanan berlemak juga dapat membuat obesitas sehingga akan kesulitan dalam melakukan olah raga. Tentu saja kondisi ini akan membuat sel kanker semakin membesar.

Makanan yang Dikalengkan

Makanan yang dikalengkan banyak mengandung pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, makanan kaleng juga ternyata mengandung bisphenol-A (BPA) yang bisa dengan mudah menyebabkan timbulnya kanker payudara, kanker serviks dan kanker lainnya. Untuk itu, sangat penting juga untuk Anda mengetahui gejala awal kanker payudara pada wanita agar bisa terhindar dari penyakit ini. Walaupun terkesan praktis dan tidak perlu waktu lama untuk memakannya, akan tetapi makanan kaleng patut Anda hindari.

Makanan dengan Kandungan Alkohol
Bagiamanpun juga makanan yang mengandung alkohol merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi pemicu munculnya sel kanker. Alkohol akan menyebar di seluruh bagian tubuh dan menambah cepatnya pertumbuhan kanker. Sudah bukan rahasia lagi alkohol memang tidak baik untuk kesehatan. Jika Anda mengkonsumsi makanan beralkohol terlalu banyak dan sering maka akan dapat dengan mudah memicu sel kanker. Untuk itu sangat disarankan untuk Anda mengehentikan makanan jenis ini sebagai upaya cegah kanker.
Popcorn
Popcorn adalah salah satu pilihan andalan Anda saat menonton film atau sekedar mengisi waktu senggang. Benar bukan? Akan tetapi, meski jadi camilan enak di waktu senggang, ternyata popcorn kehilangan banyak gizi saat dimasak. Beberapa orang sangat yakin bahwa uap yang dihasilkan saat popcorn meletup ternyata mengandung senyawa diasetil yang bisa menyebabkan kanker. Memang enak, tapi kalau melihat bahayanya Anda harus bisa berhenti atau mengurangi makan popcorn sebagai langkah mencegah kanker.

Makanan dengan Banyak Bahan Kimia
Jaman sekarang ini memang sulit untuk dapat menemukan makanan yang bebas dari bahan – bahan kimia atau zat kimia ini. Semua makanan dan minuman yang beredar dan di jual di berbagai tempat rata-rata sudah mengandung sedikitnya satu jenis zat kimia. Misalnya makanan dan minuman sudah mengandung pewarna buatan, pemanis buatan dan juga pengawet. Kandungan zat aditif yang notabene adalah bahan kimia ini snagat berbahaya bagi tubuh karena memicu timbulnya kanker.

Daging yang dibakar
Daging bakar adalah makanan lezat yang bisa Anda konsumsi dalam setiap kesempatan. Rasanya akan lebih enak jika daging dibakar di atas bara api. Akan tetapi, daging yang dipanggang di atas bara api ini justru sangat buruk bagi kesehatan. 

Suhu panas tinggi dari bara api ini bisa memunculkan senyawa yang bersifat karsinogenik yang menempel pada daging. Tidak semua makanan dengan rasa yang enak, sehat untuk kesehatan. Oleh karena itu, Anda bisa segera menghentikan makan daging bakar dari bara api sebagai gerakan cegah kanker.

Makanan yang Tidak Bersih

Saat ini semakin banyak orang menjajakan makanannya di pinggir jalan. Baik di lingkungan sekolah, tempat umum atau sepanjang jalan yang ramai dilewati orang. Hati-hati jika anak Anda sering beli makanan di pinggir jalan. Sebisa mungkin Anda cegah agar tidak terlalu sering dan banyak menkonsumsi amakann di pinggir jalan. Banyaknya debu yang menempel pada makanan yang dijual di pinggir jalan akan dapat menjadi penyebab kanker yang sangat ampuh.

Memang sulit tidak makan semua makanan yang sangat menggoda itu, tapi yakinlah Anda bisa melakukannya demi kebaikan dan kesehatan. Itulah beberapa makanan penyebab kanker yang harus Anda hindari sebagai sarana mencegah munculnya penyakit kanker. Semoga bermanfaat.

Informasi Menarik Lainnya 

0 komentar:

Post a Comment