Friday 22 January 2016

Bagaimana Cara Mengetahui Gejala Awal Kanker Payudara pada Wanita?

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang akhir-akhir ini sering dialami oleh wanita. Lalu bagaimana cara mengetahui gejala awal kanker payudara pada wanita? Rasa nyeri di bagian dada biasanya diduga menjadi gejala awal kanker payudara. Nyeri seperti ditusuk-tusuk pada dada menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi Anda.  Apalagi jika setelah Anda raba ternyata ada sedikit benjolan. Akan tetapi tidak semua nyeri dan benjolan adalah gejala terjangkit kanker payudara. Oleh karena itu alangkah baiknya jika Anda membekali diri dengan pengetahuan awal tentang gejala kanker payudara sebagai bekal agar tidak terjadi hal yang lebih serius. Berikut beberapa cara mengetahui gejala awal kanker payudara pada wanita yang bisa Anda lakukan:

Image Courtesy of [marin] at FreeDigitalPhotos.net
Bagaimana Cara Mengetahui Gejala Awal Kanker Payudara pada Wanita?

1. Munculnya Rasa Nyeri Terus Menerus Di Bagian Tertentu Payudara
Banyak wanita yang menghubungkan nyeri payudara dengan sesuatu yang buruk seperti kanker payudara. Ada banyak faktor yang mempengaruhi munculnya rasa nyeri pada payudara wanita. Flutuasi atau naik turunnya hormon saat menstruasi misalnya menyebabkan rasa nyeri pada payudara. Akan tetapi, nyeri payudara akan hilang seiring dengan selesainya siklus tersebut. Konsumsi pil KB juga ada kecenderungan timbulnya rasa nyeri. Apalagi jika Anda sering mengenakan BH yang ukurannya tidak pas atau mengandung bahan yang kurang sesuai seperti kawat BH akan menjadikan payudara menjadi terasa sakit. Akan Tetapi semua rasa nyeri yang disebabkan oleh faktor-faktor itu akan hilang jika sudah tidak mengalaminya lagi.

Lalu bagaimana jika rasa nyeri tersebut tidak kunjung hilang? Jika tidak kunjung hilang maka coba Anda raba apakah bagian yang nyeri tersebut terletak pada posisi yang sama atau tidak ? jika pada bagian yang sama maka kemungkinan bahwa itu merupakan gejala kanker payudara semakin tinggi dan perlu segera Anda waspadai.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri tersebut?

Anda perlu memperhatikan beberapa poin dalam menangani nyeri tersebut agar tidak lebih membahayakan payudara seperti:
- Upayakan agar tidak memencet atau menuangkan minyak pereda nyeri di area yang sakit
- Langkah terbaik yang bisa segera Anda lakukan adalah dengan berdiskusi atau konsultasi dengan dokter agar diberikan penanganan lebih lanjut.
- Tangani sesegera mungkin, hal ini untuk mencegah terjadi hal yang lebih buruk lagi pada payudara Anda.

2. Terdapat Benjolan di Sekitar Payudara atau Ketiak
  
Memang benar tidak semua benjolan di sekitar payudara adalah gejala awal kanker payudara khususnya wanita. Bagi wanita yang berusia 40 tahun ke bawah, lebih dari 80% benjolan di payudara bukan merupakan tanda awal kanker. Penyebab dari benjolan ini biasanya adalah infeksi, kerusakan jaringan lemak, dan tumor jinak.

Apa yang Sebenarnya Merupakan Gejala Awal Kanker Payudara pada Wanita?

Benjolan di sekitar payudara atau ketiak bisa diindikasikan sebagai gejala awal terjangkit kanker payudara stadium awal. Untuk lebih meyakinkan Anda apakah ini termasuk benjolan kanker payudara atau bukan alangkah baiknya untuk segera konsultasikan dengan dokter. Berikut beberapa ciri-ciri yang dapat Anda pahami untuk dapat membedakan benjolan yang termasuk kanker payudara atau bukan berdasarkan karakteristiknya ((Imaginis, Breast Lumps – Evaluating a Lump in Breast, diakses 18 Oktober 2014)).

Ciri Benjolan Yang Diindikasikan Kanker Payudara
    Tekstur benjolannya terasa keras
    Tidak mudah dibedakan benjolannya atau diskrit
    Keberadaannya statis atau tetap di payudara; tidak bergerak
    Hanya terdapat satu benjolan
    Tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya
    Kulit payudara berlesung pipit
    Benjolan disertai dengan keluarnya cairan

Ciri Benjolan Yang Tidak diindikasikan Menjadi Kanker Payudara

    Benjolan lunak
    Benjolan diskrit; mudah dibedakan
    Benjolan bergerak di payudara
    Ada beberapa benjolan payudara
    Ada benjolan di payudara sebelahnya.
    Benjolan menghilang setelah siklus menstruasi

3. Munculnya Kerutan di Sekitar Payudara

Kulit payudara umumnya akan mengalami penyusutas atau lebih dikenal dengan kerutan ketika wanita sudah memasuki usia lanjut atau tua. Akan tetapi, jika payudara Anda sudah mulai terdapat kerutan padahal usia masih terbilang muda maka ini perlu segera diantisipasi. Salah satu gejawa awal kanker payudara adalah terdapat kerutan di bagian tertentu payudara Anda. Berikut yang bisa Anda lakukan untuk membedakan antara kulit payudara yang masih dibilang wajar atau yang sudah dikategorikan kanker payudara:

- Payudara yang memiliki kulit yang masih dibilang wajar akan terasa halus dan permukaannya juga rata terkecuali pada bagian puting.

- Jika Anda mendapati kerutan pada kulit payudara maka coba segera Anda rasakan dengan meraba pada bagian permukannya. Payudara yang terjangkit kanker biasanya permukaan kulitnya akan menjadi kasar terdapat kerutan di bagian tertentu. Selain itu, warnanya juga menjadi kehitaman walau memang tidak terlalu lebar.

4. Puting Akan Mengeluarkan Cairan secara Mendadak

Jika puting payudara sudah mulai mengeluarkan cairan padahal tidak sedang menyusui maka ini dapat dijadikan sebagai gejala awal terkena kanker payudara pada wanita. Adapun cairan yang keluar dari puting payudara ini biasanya berwarna putih, bening dan agak encer. Memang agak menyerupai air susu tetapi lebih bening warnanya. Jika sudah dalam tahap lebih lanjut bahkan puting akan mengeluarkan cairan berwarna kecoklatan sampai seperti warna darah. Jika Anda menagalami hal ini, maka harus segera konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Alangkah baiknya jika Anda mendapati cairan keluar dari puting tanpa sebab yang pasti maka segera ke ahli medis untuk diberi perhatian lebih.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan guna mengatahui bagaimana gejala awal terkena kanker payudara pada wanita yang bisa dijadikan rujukan untuk Anda. Tidak seorang pun yang ingin mengalami kasus terjangkit kanker payudara. Akan tetapi, jika Anda mengalami gejala-gejala tadi maka yang perlu dipikirkan adalah bagaimana cara menanganinya. Jadilah wanita yang cerdas dan kuat untuk tetap menjaga kesehatan payudara Anda. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment