Friday 22 January 2016

6 Langkah Mudah Deteksi Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Pendeteksian kanker payudara sejak dini sangatlah penting. Seperti pepatah "Lebih baik mencegah daripada mengobati" maka begitu pula untuk kasus yang satu ini. Apalagi wanita lebih rentan terkena kanker payudara dibandingkan laki-laki. Jadi, kuncinya adalah deteksi sejak dini agar tidak ikut terkena penyakit kanker ini.

Kebanyakan orang terutama wanita biasanya mendeteksi gejala kanker payudara dengan menyentuh ada tidaknya benjolan pada area sekitar payudara. Memang itu merupakan salah satu langkah yang disarankan oleh para ahli medis spesialis kanker. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya tidak semua benjolan di sekitar payudara adalah gejala kanker.
Image Courtesy of [Scotchan] at FreeDigitalPhotos.net
6 Langkah Mudah Deteksi Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Jika Anda masih merasa ragu tentang benjolan yang ada di payudara maka sesegera mungkin untuk menemui dokter. Seperti yang telah kita ketahui bersama rata-rata wanita yang terkena kanker payudara akan sulit disembuhkan dan berujung kematian. Anda pasti tidak ingin mengalaminya bukan? Untuk itu pendeteksian kanker payudara perlu dilakukan sedini mungkin. Salah satu indikasi adanya kanker ini yaitu tumbuhnya benjolan di sekitar ketiak, pada payudara sering timbul rasa sakit, payudara akan memiliki warna serta bentuk yang berbeda dari biasanya, mencuatnya puting dan warna puting yang juga ikut berubah menjadi lebih coklat. Jika sudah dalam keadaan lebih lanjut maka tidak menutup kemungkinan jika putingnya juga mengeluarkan nanah.

Semua orang biasanya akan sadar terkena kanker payudara ketika sudah memasuki tahap lanjut atau bahkan stadium akhir. Saat sudah memasuki tahap seperti itu Anda barulah berdiskusi serta periksa ke dokter tentang bagaimana cara penangannya. Hal ini akn menjadi lebih sulit bukan? Anda harus mengalami sakit luar biasa dengan risiko yang lebih berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus bisa mendeteksi gejala kanker payudara sejak dini dengan cara seperti berikut:

Pendeteksian Gejala Kanker Payudara oleh Diri Sendiri

- Siapkan Cermin yang Berukuran Besar dan Letakkan Persis di Depan Anda.

 Berdirilah dengan tegak dan menghadap ke cermin kemudian taruhlah tangan Anda di pinggul. Usahakan agar ada sedikit penarikan yang diakibatkan karena meletakkan tangan Anda di pinggul. Hal ini tentuk saja agar payudara Anda terlihat lebih jelas. 

Selanjutnya perhatikan dengan seksama di sekitar payudara Anda apakah mengalami perbedaan dari sebelumnya atau tida. Anda coba perhatikan mulai dari warna payudara dan putingnya, ukurannya masih sama atau ada salah satunya yang lebih besar, atau bahkan bentuknya. Semua itu harus Anda teliti dengan jeli setiap detailnya. 

- Angkatlah Tangan Anda ke atas Sampai Terlihat Lurus. 

Setelah itu Anda perhatikan lagi apakah ada perubahan poin tertentu pada payudara seperti ukuran, bentuk, dan warna payudara Anda. Hal ini dilakukan untuk lebih meyakinkan serta memperkuat langkah deteksi yang pertama sehingga didapatkan hasil yang lebih mendekati akurat. Janganlah sungkan untuk melakukan deteksi gejala kanker payudara sejak dini. Semua itu dimaksudkan untuk menjaga kesehatan Anda sebagai wanita.

- Tekanlah Puting Payudara Anda

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menekan secara perlahan dan hati-hati satu persatu puting payudara Anda dan perhatikan secara seksama. Lihatlah apakah ada cairan yang keluar dari puting payudara Anda atau tidak. Jika Anda masih kurang yakin juga Anda bisa mengulanginya dengan menekan puting payudara lebih dari satu kali.

- Mulailah Tiduran di atas Ranjang Senyaman Mungkin.

Langkah keempat yang harus Anda lakukan yaitu perlahan Anda raba payudara sebelah kanan dengan tangan kiri. Kemudian lakukan hal yang sama pada payudara Anda yang sebelah kiri. Gerakan tangan Anda secara memutar pada payudara dan rasakanlah apakah terdapat ada benjolan atau tidak. Anda harus benar-benar meraba payudara Anda dengan benar dan tetap harus menjaga keamanannya dengan tidak memegang kuat-kuat.

-  Pijitlah Payudara dan Ketiak sampai Perut Anda.

Setalah Anda meraba kemudian mulailah untuk memijit payudara Anda. Pijitan ini dilakukan juga untuk mengecek ada tidaknya benjolan pada payudara Anda. Rasakan dengan pasti tentang keberadaan benjolan pada payudara Anda dengan melakukan pemijitan yang benar. Bagaimana cara memijit payudara untuk mendeteksi gejala kanker payudara secara benar? Terkadang Anda masih kurang mengerti teknik pijitan yang benar untuk mendeteksinya bukan,,, Jangan Khawatir!! Anda bisa mengikuti tekniknya dengan sangat mudah. 

Lakukan dengan berdiri atau bisa juga duduk lalu pijitlah area payudara dari kiri ke kanan. Rasakan ada tidaknya benjolan di payudara Anda. Kemudian Anda juga harus memijit mulai dari ketiak hingga bagian perut untuk kembali merasakan terdapa atau tidaknya benjolan. Lakukan dengan tenang dan benar untuk mendapatkan hasil maksimal.

Banyak sekali penyembuhan yang bisa Anda lakukan untuk kasus kanker payudara. Akan tetapi poin deteksi gejala kanker payudara sejak dini juga sangatlah penting. Hal ini bisa dijadikan sebagai wujud pencegahan sebelum terjadi hal-hal yang tidak Anda harapkan. Lakukan deteksi gejala kanker payudara sejak dini secara rutin tiap bulan minimalnya satu kali. Waktu yang tepat untuk Anda melakukan pendeteksian ini yaitu sekitar 4-7 hari setelah menstruasi. Jaga dan selamatkan diri Anda dari kanker payudara semampunya dan sekuat tenaga mulai dari deteksi gejala kanker payudara sejak dini.



0 komentar:

Post a Comment