Monday 18 January 2016

5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil 3 Bulan Pertama

Apakah Anda suka mengokonsumsi olahan kacang hijau? Lalu, kira-kira apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamail 3 bulan pertama? Kacang hijau atau dengan nama lainnya Phaseolus Aereus termasuk dalam jenis polong-polongan pasti Anda sering memakannya. Selain diolah menjadi bubur kacang hijau, aneka kue juga banyak menggunakan kacang hijau sebagai bahan utamanya seperti isian bakpia, bakpao, onde-onde, atau salah satu isian es campur. Beberapa orang juga terbiasa menggunakan kacang hijau sebagai penggati kacang tanah untuk isian peyek.

Image Courtesy of [Thanunkorn] at FreeDigitalPhotos.net
5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil 3 Bulan Pertama

Beberapa ahli gizi mengatakan bahwa kandungan gizi dalam kacang hijau sangatlah baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan ukurannya yang kecil tetapi manfaatnya begitu besar. Selain mengandung protein yang cukup tinggi, ternyata kacang hijau juga mengandung mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Kandungan gizi yang terdapat dalam kacang hijau

1.    Tingginya kandungan protein terdapat dalam kacang hijau berkisar samapi 24 persen. Untuk itu sangatlah disarankan mengkonsumsi kacang hijau dalam menu sehari-hari guna memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. 

2.    Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa kalsium dan fosfor sangatlah bermanfaat bagi tulang. Kacang hijau mengandung kalsium dan fosfor cukup tinggi sehingga dapat dijadikan alternatif untuk pemenuhan kalsium bagi tubuh Anda.

3.    Salah satu masalah yang sering Anda alami adalah terganggunya kesehatan saluran pencernaan. Dengan kandungan serat pada kacang hijau maka Anda bisa sedikit lega dalam mengatasi masalah saluran pencernaan karena cukup dengan mengkonsumsi kacang hijau.

4.    Saat Anda mengkonsumsi olahan kacang hijau biasanya akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena kandungan karbohidrat Kompleks dalam kacang hijau. Untuk itu Anda bisa segera mengonsumsi kacang hijau saat beraktivitas jauh guna menunda lapar lebih lama.

5.    Rendahnya kandungan lemak dalam kacang hijau tentu saja menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi Anda untuk mengkonsumsinya terutama untuk penderita sakit jantung. kadar lemak yang rendah akan sanagat membantu dalam menjaga kesehatan jantung Anda.

6.    Vitamin B. Vitamn B yang terkanung dalam kacang hijau sangat bermanfaat bagi pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, sumber energi bagi tubuh, lebih memaksimalkan sistem kerja syaraf serta penyerapan protein menjadi lebih lancar dan mudah.

5 Manfaat Kacang Hijau untuk ibu hamil 3 bulan pertama

1. Salah satu manfaat kacang hijau untuk ibu hamil 3 bulan pertama adalah membantu meningkatkan kecerdasan janin sejak dalam kandungan. Kandungan asam folat dalam kacang hijau sangat membantu dalam perkembangan otak dan sistem saraf bagi janin Anda. Selain itu, bayi Anda juga akan tercegah menderita cacat bila mengkonsumsi kacang hijau secara teratur.

 2. Jika Anda rutin mengkonsumsi kacang hijau sejak 3 bulan pertama maka besar kemungkinannya memiliki janin dengan rambut yang lebat. Pastinya menjadi idaman Anda untuk memiliki bayi dengan rambut lebat karena akan tampak lebih lucu dan menggemaskan. Kandungan protein kacang hijau yang mencapai 24 persen itulah yang dapat membantu menambah volume rambut bayi sejak dalam kandungan.

3. Bagi penderita diabetes atau obesitas maka ketika Anda hamil biasanya disarankan untuk mulai mengurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi. Namun, masalahnya ketika kekurangan karbohidrat maka tubuh akan merasa lemas karena kurangnya sumber energi. Kacang hijau memiliki kandungan lemak tak jenuh sehingga kebutuhan karbohidrat akan terpenuhi dengan tidak mengabaikan keamanannya. Karbohidrat dalam kacang hijau juga lebih mudah diserap sehingga rasa kenyang pun akan terasa lebih lama.

4. Saat Anda hamil maka sudah ada dua mkhluk hidup yang harus dipenuhi kebutuhan gizinya yaitu ibu dan janin. Misalnya kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan tulang janin. Jika Anda mengkonsumsi kacang hijau yang kaya akan kalsium maka janin pun akan ikut menyerapnya dari tulang ibunya. Hal ini juga sebagai wujud pencegahan untuk Anda terhindar dari osteoporosis karena asupan kalsium yang cukup.

5. Seperti diketahui bersama bahwa ketika Anda hamil maka akan sering mengalami masalah susah buang air besar karena pengaruh hormon kehamilan pada sistem pencernaannya. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal buruk bisa terjadi seperti kontraksi rahim. Kandungan serat dalam kacang hijau akan sangat bermanfaat untuk mencegah kemungkinan buruk itu. Untuk itu, Anda harus bisa mengkonsumsi kacang hijau sesering mungkin guna memenuhi kebutuhan serat harian.

Itulah pembahasan terkait 5 manfaat kacang hijau untuk ibu hamil 3 bulan pertama. Ada berbagai macam sumber makanan yang mengandung gizi cukup tapi kacang hijau sudah menjadi salah satu kuliner yang populer di Indonesia sehingga sangah mudah Anda dapatkan. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment