Wednesday 3 February 2016

Bagaimana Cara Memperkenalkan dan Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak?

Saat ini, anak dan gadget ibarat dua keping mata uang yang tidak bisa dihindari ataupun dipisahkan. Pengaruh gadget dalam perkembangan anak sangatlah besar. Gadget menjadi salah satu perangkat yang sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi. Anak Anda pasti sudah sangat akrab dengan beberapa gadget yang tersedia di rumah seperti tablet, smartphone, atau netbook.

Apakah Anda merasa cemas dengan hadirnya gadget ini? Tak perlu khawatir bila anak Anda suka bermain gadget. Satu hal yang harus Anda lakukan yaitu mencari tahu kapan momen yang tepat untuk memperkenalkan gadget pada anak. Yang penting, Anda harus bisa mengatur penggunaan gadget pada anak. Hal ini juga sebagai antisipasi agar akses internet aman untuk anak Anda.

Bagaimana Cara Memperkenalkan dan Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak?
Image Courtesy of [kdshutterman] at FreeDigitalPhotos.net
Bagaimana Cara Memperkenalkan dan Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak?

Sama seperti benda lainnya, gadget juga memiliki segi positif dan negatif. Anak yang sudah akrab dengan gadget akan lebih mudah mengakses informasi sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan. Sebaliknya seringnya anak Anda bermain gadget bisa mengakibatkan kecanduan dan seakan tidak bisa lepas menggunakannya sehingga sosialisasinya pun berkurang. Apalagi jika anak sudah mulai kecanduan game online gratis yang disediakan bebas dalam gadgetnya. Anak Anda cenderung menjadi pendiam dan misterius saat beradaptasi dengan lingkungannya.

Sebagai orang tua, Anda harus bisa menyikapi penggunaan gadget pada anak dengan sangat bijak. Berikut beberapa poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan sekaligus pengetahuan tentang bagaimana cara memperkenalkan dan mengatur penggunaan gadget pada anak.

Cara Memperkenalkan dan Mengatur Penggunaan Gadget


Perhatikan Faktor Usia

Salah satu bahan pertimbangan yang pertama kali yaitu dengan melihat usia anak. Perkembangan anak akan berbeda-beda sesuai dengan usianya. Misalnya untuk anak yang usianya kurang dari 5 tahun, sarap otaknya masih dalam tahap perkembangan. Anak masih sangat memerlukan bantuan dan dampingan orang tua seperti bermain bersama, mengobrol dan memegang benda. Apabila anak diberikan gadget pada usia ini maka ada kemungkinan anak akan kurang bersosialisasi dengan lingkungannya. Dampaknya anak bisa saja menjadi kecanduan dan tidak lepas dari gadget.

Beberapa ahli mengutarakan bahwa pada usia anak mencapai 5 tahun, perkembangan otaknya sudah sampai pada fase optimal. Anak sudah bisa menganal warna, suara dan bentuk sehingga boleh diberikan gadget. Akan tetapi, Anda harus tetap bisa mengatur penggunaan gadget pada anak seperti memberikan waktu sekitar satu jam saja dalam sehari untuk bermain gadget. Bagaimanapun Anda harus tetap menyesuaikan dengan perkembangan anak Anda sendiri. Jangan sampai pemberian gadget justru menimbulkan akibat yang fatal bagi anak.

Harus Mampu Menyesuaikan Diri

Memang benar gadget sangat mendukung anak untuk mendapatkan berbagai pengetahuan sekaligus mengikuti perkembangan teknologi. Anak Anda bisa leluasa berselancar dengan gadget sebagai sarana pembelajarannya. Akan tetapi terkadang dengan kemudahan mendapatkan informasi justru bisa membuat anak Anda menjadi pemalas. Misalnya saat ada tugas atau PR dari sekolah, anak Anda lebih suka mencari informasi dari internet daripada membaca buku. Saat anak Anda membaca buku, Ia tidak bisa langsung mendapatkan jawaban dari tugas yang diberikan karena harus mencarinya terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan anak Anda untuk lebih banyak menjumpai informasi saat proses mencarinya karena membaca berbagai hal tiap halaman buku yang terlewati.

Berbeda halnya ketika anak Anda langsung mengetikkan keyword yang sesuai dengan tugasnya, gadget akan langsung memunculkan jawabannya. Anak cenderung menggampangkan dan tidak leluasa untuk mencoba mencari dari berbagai sumber lainnya. Untuk itu, Anda harus mampu memperkenalkan dan mengatur penggunaan gadget pada anak Anda dengan baik dan benar. Ada saatnya anak Anda mengikuti kemajuan teknologi sepeti gadget tapi harus tetap berpijak pada berbagai hal yang masih bersifat konvensional agar perkembangan otaknya bisa maksimal.

Berikan Jadwal Penggunaan Gadget

Sejalan perkembangan jaman yang menghadirkan gadget dalam keseharian anak, Anda harus mengatur durasi pemakaiannya. Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menjelaskan penggunaan gadget pada anak. Alangkah baiknya jika Anda mulai memperkenalkan gadget saat anak berusia 5 tahun dengan pertimbangan perkembangan otaknya sudah optimal pada usia ini. Anda juga harus memberikan jadwal khusus untuk anak menggunakan gadget.

Sebagai tahap pengenalan, Anda bisa memberikan kesempatan anak Anda bermaian gadget setiap hari minggu saja. Semakin bertambahnya usia anak, Anda bisa mulai mengatur jadwal penggunaan gadgetnya menjadi 2 sampai tiga kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan lama pemakaiannya. Jangan sampai anak Anda bermain gadget sampai seharian penuh. Tentu saja itu sangat buruk dampaknya bagi anak. Aturlah durasinya seperti hanya satu jam saja saat awal mengenal gadget, kemudian dua sampai tiga jam saat anak Anda sudah akrab menggunakannya.

Terapkan Parental Kontrol

Ada berbagai hal yang bisa bermuncullan saat anak Anda bermain gadget seperti konten yang tidak sesuai usia. Anda harus bisa memantau serta membatasi apa saja situs yang boleh dibuka dan ditonton. Anda harus lebih mengikuti perkembangan teknologi sebaik mungkin dan jangan sampai lengah. Usahakan agar Anda jauh lebih menguasai dalam hal teknologi dibandingkan anak Anda. Ini bisa menjadi alat antisipasi dalam mengatur penggunaan gadget pada anak Anda.

Tanamkan pada anak Anda bahwa ada banyak alternatif aktivitas yang jauh lebih menarik dibanding hanya memandang layar gadget. Berikan penjelasan bahwa gadget tidak selamanya baik untuk perkembangan mereka dan ada berbagai hal yang harus bisa dirasakan secara nyata. Indahnya bercanda dengan teman sebaya, menikmati alam luar yang sangat indah, atau sekedar olahraga bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Itulah bagaimana cara mengenalkan dan mengatur penggunaan gadget pada anak. Ikuti terus yah Bun..


Ikuti Artikel Menarik Lainnya Bun..

Tips Cerdas agar Balita Suka Makan Sayur dan Buah
   
Bagaimana Cara Mengajari Anak Merawat Hewan Peliharaan

Tips Hemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga


Tips Cerdas Cara Menangani Anak Berkebutuhan Khusus

5 Cara Mudah Menjadi Istri yang Baik untuk Suami
 



0 komentar:

Post a Comment