Tuesday 12 January 2016

Tips Hemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga

Hai mom.. sebagai ibu rumah tangga yang cerdas harusnya punya berbagai tips untuk menghemat uang agar semua kebutuhan dapat teratasi. Berhemat merupakan hal yang harus dilakukan dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan jika Anda tidak bisa menghemat pengeluaran maka akan membuat uang lebih cepat habis tidak ada simpanan dan jelas ini akan jadi kebiasaan bersikap boros. Ditambah lagi akhir-akhir ini harga barang-barang belajaan semakin tinggi sehingga Anda harus benar-benar pandai mengatur keuangan. Anda bisa mulai menggunakan uang seperlunya saja untuk membeli barang-barang yang menjadi prioritas. 

 Image Courtesy of [Mister GC] at FreeDigitalPhotos.net
Tips Hemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga



Mungkin Anda perlu membubuhkan kreativitas dalam belanja kebutuhan. Tidak perlu berlebihan dan latihlah konsistensi Anda agar menjadi kebiasaan menghemat uang belanja. Kali ini saya share beberapa tips hemat uang belanja untuk ibu rumah tangga yang bisa dengan mudah Anda lakukan. Yuk simak bareng-bareng!

Tips Hemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga


1. Mulailah dengan Terbiasa Makan Makanan Sehat

Selain pertimbangan banyaknya uang yang bisa Anda keluarkan dalam belanja, tidak kalah penting juga perlunya konsumsi makanan sehat. Coba lihat kembali pola makan Anda selama ini. Mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu tips tepat untuk menghemat uang belanja Anda. Misalnya jika Anda terbiasa membeli makanan yang sudah matang dari restauran atau sekedar warung penjual makanan pastinya harganya jauh lebih mahal. Sebaliknya jika Anda membeli bahan makanan mentah dan mulai memasak sendiri maka kalau diitung-itung jauh lebih hemat. 

Masakan hasil olahan sendiri pun jauh lebih sehat karena tentunya Anda mengetahui dengan pasti bahan-bahan yang digunakan dan mengutamakan yang terbaik untuk keluarga. Anda juah lebih bisa mengontrol bahan tambahan seperti pengawet, pewarna buatan atau penyedap rasa yang semuanya bisa lebih merugikan kesehatan. Bahan makanan sehat yang sering Anda temui di pasar seperti sayuran itu tergolong jauh lebih murah dan menyehatkan bukan.

2. Bawalah Makanan dari Rumah jika Anda Beraktivitas di Luar
Saat Anda merencakan untuk liburan atau sekedar aktivitas sehari-hari maka biasakan untuk selalu membawa makanan dari rumah. Hal ini akan jauh lebih menghemat uang belanja Anda dibandingkan harus membeli makanan di jalanan. Harga makanan di luar rumah bisa berkali-kali lipat dibandingkan makanan dari rumah. Dari beberapa informasi justru negara maju sudah banyak menerapkan sistem seperti ini sebagai uapaya mendapatkan makanan sehat dan murah. Dengan membawa makanan sendiri Anda jauh lebih bisa mengatur rasa ataupun kandungan gizinya.

3. Biasakan Belanja Sesuai Catatan

Anda harus membiasakan membawa catatan saat pergi berbelanja ke pasar atau supermarket. Belilah yang menjadi kebutuhan prioritas selama satu bulan dan hindarkan diri tergoda membeli barang-barang yang kurang penting. Fokuslah untuk membeli apa yang sudah Anda rancang dari rumah. Tidak ada salahnya menghemat pengeluaran-pengeluaran kecil agar bisa menyimpan kelebihan uang belanja Anda. Perhatikan selisih harga barang produk sejenis yang mungkin dapat Anda hemat.

4. Manfaatkan Penawaran Diskon

Yups, saatnya Anda berburu barang murah. Ada berbagai toko atau supermarket yang berlomba-lomba menawarkan diskon akhir-akhir ini. Untuk itu Anda harus bisa manfaatkan sebaik mungkin momen kesempatan ini agar bisa mendapatkan barang dengan harga semurah . Akan tetapi, Anda harus tetap mengingat bahwa kebutuhan itu tetap yang utama.  Jangan sampai terjebak malah membeli barang-barang yang sebenarnya tidak benar-benar Anda butuhkan hanya karena di iming-imingi diskon.

5. Belanja sesuai kebutuhan

Jika Anda terbiasa membeli barang yang menjadi kebutuhan maka menghemat uang belanja bukanlah hal yang sulit. Terkadang Anda kurang berpikir matang-matang saat belanja dengan membeli semua barang yang diinginkan. Tentu saja pengeluaran pun akan semakin besar karena sikap ceroboh itu. So..gunakan sebaik-baiknya uang Anda.

6. Rencanakan Belanja Mingguan

Membuat rencana belanja mingguan akan lebih membantu Anda dalam upaya menghemat uang belanja. Ini dapat dijadikan acuan untuk kontrol Anda dalam mengelola uang belanja. Jangka waktu yang lebih cepat akan mengingatkan Anda untuk lebih menghemat lagi uang belanja Anda agar bisa sampai pada waktunya. Patuhilah rencana belanja mingguan yang telah Anda buat dan jangan mencoba untuk mengabaikannya.

Nah, itu tadi Tips Hemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga. Bagaimana? Anda sudah cukup mengerti pos mana yang bisa Anda hemat? Selamat berhemat!



0 komentar:

Post a Comment