Wednesday 13 January 2016

Bagaimana Cara Mengajari Anak Merawat Hewan Peliharaan

Apakah anak Anda tertarik memelihara hewan? Tapi bingung bagaimana cara mengajari anak Anda merawat hewan peliharaan?. Anda harus lebih bijak untuk mengijinkan anak Anda memiliki hewan peliharaan walaupun akan ada sedikit tugas untuk mengajari mereka tentang perawatannya. Jadikanlah merawat hewan peliharaan sebagai salah satu langkah untuk melatih tanggung jawab anak Anda. Anak Anda mungkin akan merengek dan rela melakukan apa saja agar mendapatkan hewan peliharaan. Inilah kesempatan Anda untuk memberikan tantangan agar mau melakukan tugas-tugas merawat hewan peliharaan jika ingin dibelikan. Jika memungkinkan libatkan anak Anda untuk ikut merencanakan hewan apa yang akan dipelihara, pilihan kandang atau makanannya. Agar bisa lebih optimal, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut dalam mengajari anak merawat hewan peliharan: 

Image Courtesy of [Artur84] at FreeDigitalPhotos.net
Anak dengan Hewan Peliharaannya 

Buatlah Daftar Tanggung Jawab

Langkah awal yang bisa dilakukan saat anak Anda mulai memelihara hewan adalah dengan membuat daftar tanggung jawab. Komunikasikan kepada anak Anda tentang tugas-tugas yang harus dilakukan dan berikan motivasi serta kepercayaan bahwa mereka bisa melakukannya. Sampaikan kepada anak Anda betapa pentingnya melakukan tugas-tugas itu bagi perkembangan hewan peliharaan mereka sebaliknya bicarakan tentang bahaya yang akan timbul seperti kelaparan atau sakit jika mereka tidak melakukannya. 

Ajari anak Anda dengan memberi contoh langsung bagaimana Anda merawat hewan peliharaan seperti kapan ia harus memberi makan, bagaimana cara membawanya jalan-jalan, bagaimana cara yang tepat untuk ‘berkomunikasi’, sinyal-sinyal seperti apa yang harus ia perhatikan untuk mengetahui kalau hewan peliharaanya lelah, haus, lapar, atau mau pup. Dengan cara seperti itu anak Anda akan lebih cepat paham karena mengamati langsung apa yang seharusnya dilakukan dalam merawat hewan peliharaan.

Rajinlah Memberi Pujian
Jangan sungkan untuk memberikan penguatan seperti pujian kepada anak Anda saat mereka melakukan tugas dengan rajin dan penuh tanggung jawab. Ijinkan anak Anda untuk sekedar bermain atau berfoto dengan hewan peliharaan sebagai imbalan atau hadiah adalah salah satu ide cemerlang. Jika anak Anda rutin melakukan tugasnya maka lama kelamaan akan menjadi terbiasa dan berasa seperti ada yang kurang ketika mengabaikannya. Anak Anda pun akan semakin mengerti betapa pentingnya dirinya bagi hewan peliharaan mereka dan muncullah rasa tanggung jawab itu. 

 Selalu Dekatkan Anak dengan Hewan Peliharaan

Buatlah perbedaan tentang tanggung jawab merawat hewan peliharaan dengan hal-hal yang tidak berkaitan. Misalnya jika anak Anda mendapat nilai buruk saat ujian sekolah maka jangan menghukum mereka dengan cara tidak boleh bermain dengan hewan peliharaannya. Hal ini bisa mengakibatkan anak Anda akan enggan atau bahkan benci kepada hewan peliharaan mereka. Jadikan hewan peliharaan sebagai motivasi agar anak Anda lebih rajin lagi belajarnya.

Ajarka Cara Memberi Makan yang Baik dan Tepat

Selalu perhatikan anak Anda dalam memberi makan hewan peliharaannya. Ingaktkan anak Anda agar tidak memberi makan sembarangan karena bisa berakibat fatal bagi hewan peliharaannya. Sebagai contoh apa yang ia makan setiap harinya belum tentu cocok untuk hewan peliharaanya karena mengandung garam, penambah rasa atau pewarna buatan. 

Sarankan kepada anak Anda agar hewan peliharaannya tetap sehat dan pertumbuhannya bagus maka nutrisi yang terkandung dalam makanan harus diperhatikan sebaik-baiknya. Ingatkan juga sikap anak Anda dalam memberi makan haruslah yang penuh kasih sayang. Jangan sampai memberi makan dengan cara melempar atau mendorong paksa hewan peliharaannya untuk menyantap habis makanannya.  

 Selalu Berikan Motivasi

Perlihatkan kepada anak Anda cara baru bermain dengan hewan peliharaan agar lebih termotivasi dalam merawatnya. Dengan mempelajari hal baru tentang hewan peliharaan juga dapat dijadikan pancingan untuk menjaga anak Anda tetap tertarik dalm aspek perawatannya. Temukanlah ide-ide kreatif baru dengan rajin membaca semua hal yang berkaitan dengan hewan peliharaan sebagai langkah mencegah anak Anda bosan melakukan tugas-tugas perawatan.

Ajarilah anak Anda untuk menyayangi hewan peliharaan mereka dengan menerapkan beberapa cara. Beberapa cara di atas dapat membantu Anda bagaimana cara mengajari anak
merawat hewan peliharaan mereka. Semoga membantu...


0 komentar:

Post a Comment