Sunday 10 January 2016

Tips Kerja dari Rumah untuk Ibu Rumah Tangga

Bagaimana cara kerja dari rumah untuk ibu rumah tangga? Kesibukan menjadi ibu rumah tangga mungkin Anda rasakan setiap hari. Anda mungkin sudah terbiasa melakukan berbagai urusan rumah tangga dari mulai memasak, memandikan anak, mengurus persiapan anak ke sekolah dan suami berangkat ke kantor, beres-beres rumah, sampai nanti mempersiapkan makan malam. Rutinitas itu Anda lakukan setiap hari dari pagi sampai malam hari sebelum tidur. Terkadang mungkin kejenuhan melintas dalam benak Anda dan ingin melakukan hal lebih seperti bekerja atau berkarir. Namun, kebanyakan ibu rumah tangga sulit untuk meninggalkan rutinitas harian mengurus segala keperluan rumah tangga jika harus bekerja di luar rumah.
Tips Kerja dari Rumah untuk Ibu Rumah Tangga
  Image Courtesy of [Franky 242] at FreeDigitalPhotos.net
Tips Kerja dari Rumah untuk Ibu Rumah Tangga
Bekerja dari rumah bisa menjadi alternatif untuk Anda agar bisa berkarir tapi tetap bisa mengurus tugas rumah. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa perlu bekerja di kantor. Perkembangan teknologi yang semakin melesat maka banyak hal yang bisa Anda kerjakan tanpa perlu meninggalkan keluarga Anda dan tetap mengurus keluarga. Pada awalnya mungkin akan ada banyak tantangan yang Anda alami seperti kesulitan mengatur waktu. Tidak usah khawatir, Anda bisa melakukan beberapa tips kerja dari rumah untuk ibu rumah tangga sebagai berikut:

Aturlah Waktu dan Ruangan Kerja

Jika Anda adalah ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah atau menjalankan bisnis dari rumah, tetap ada kekurangan dan kelebihannya. Anda tidak perlu kena panas, hujan, atau terjebak macet saat akan berangkat ke kantor sebaliknya Anda juga akan lebih banyak gangguan dari orang terdekat seperti anak saat di rumah. Ruangan kerja yang terlalu bercampur aduk dengan benda-benda di rumah juga dapat mengganggu kenyamanan Anda saat bekerja. Disinilah Anda harus bisa mengatur dengan baik antara waktu bekerja dengan tugas-tugas di rumah agar semuanya dapat terselesaikan tepat waktu. Untuk pengaturan ruangan kerjanya Anda bisa gunakan rak buku, tirai, dan batas agar terlihat lebih rapi dan lapang. Sangat mudah bukan?... Dengan suasana baru maka pekerjaan pun akan jadi lebih mudah dan cepat.
Baca juga: Kunci Pernikahan Bahagia dan Langgeng bagi untuk Wanita Karir

Latihlah Kemandirian Anggota Keluarga

Walaupun Anda bekerja dari rumah tapi tetap saja masih berurusan dengan orang-orang khususnya anak-anak. Peran seorang ibu tidak mampu mencegah pertanyaan anak-anak misal seperti menanyakan letak kaus kaki, baju yang akan dipakai atau menu untuk makan siang. Hal ini akan terus Anda alami saat bekerja di dalam rumah jika semua urusan masih ditangani sendiri. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melatih keluarga Anda untuk bisa mandiri.

Tidak semua hal harus melibatkan Anda untuk penyelesaiannya. Anda bisa berikan pemahaman serta diskusi dengan keluarga tentang aturan kedisiplinan. Semua yang ada di rumah harus dikerjakan mengacu pada aturan telah dibuat sesuai kesepakatan. Anda bisa berikan penegasan agar keluarga bisa mengganggu Anda pad hal-hal mendesak, tidak menyentuh peralatan kerja, dan hindarkan kegaduhan saat jam kerja dan istirahat. Itu bisa menjadi tips kerja dari rumah untuk ibu rumah tangga seperti Anda. Pahami juga cara mendapat passive income dari earning blog untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda praktikkan.

Hindari Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Bekerja dari rumah memang bisa lebih bebas dibandingkan jika bekerja di kantor. Tidak ada bos ataupun aturan tertentu yang mengatur Anda untuk bersikap. Ini adalah peluang Anda untuk bisa mengatur kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan, memunculkan ide-ide kreatif maupun mengatur rencana kerja yang sesuai kondisi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan saat tidak ada bos ataupun aturan dijadikan alasan bagi Anda untuk menunda-nunda pekerjaan. Hal ini akan sangat mengganggu dan menjadi halangan bagi target proyek kerja Anda. 

Aturlah jadwal kerja dan latih kedisiplinan Anda agar semua pekerjaan dapat selesai sesuai target. Anda bisa berikan penguatan pada diri sendiri dengan memberi hukuman pada saat lelet bekerja serta hadiah di waktu tercapai target lebih dini. Semuanya tergantung Anda, maka pandai-pandailah menemukan cara bekerja dari rumah bagi ibu rumah tangga seperti Anda. 

Tinggalkan Kebiasaan Terlalu Sering Menggunakan Gadget

Semakin majunya teknologi pada zaman sekarang tak menutup kemungkinan Anda terlalu kecanduan memakai gadget. Anda mungkin tidak bisa meninggalkan gadget dalam waktu yang lama. Hal ini akan berdampak buruk jika Anda hanya menggunankan gadget hanya untuk aktif di media sosial dan tentu menganggu intensitas waktu bekerja Anda. Anda akan menghabiskan banyak waktu mengurusi email atau chatting masuk sehingga energi berkurang saat akan bekerja. Sebagai orang tua, Anda juga harus bisa memperkenalkan dan mengatur penggunaan gadget pada anak agar tidak terjadi hal negatif. Selain itu, waktu untuk keluarga juga semakin susah ditemukan karena Anda habis untuk bermain gadget dan urusan kerja.

Bagaimanapun semangat Anda bekerja tetap harus diimbangi dengan istirahat. Biarkan rekan Anda tahu pada jam tertentu Anda tidak akan mengecek kotak masuk karena Anda sedang sibuk bekerja menyelesaikan proyek ataupun sekedar santai bersama keluarga. Itulah beberapa tips kerja dari rumah untk ibu rumah tangga yang bisa dengan mudah Anda lakukan. Lakukan dan jadikan kebiasaan Anda untuk bisa berhasil bekerja dari rumah dengan optimis.

Informasi Menarik Lainnya 

4 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet Tanpa Modal untuk Ibu Rumah Tangga

Lima Cara Menabung untuk Ibu Rumah Tangga Cerdas
   
3 Langkah Mudah Ibu Rumah Tangga dalam Mengelola Perencanaan Keuangan Keluarga


Panduan Akses Internet yang Aman untuk Perkembangan Anak Usia 4 Tahun Ke atas
   
Kunci Pernikahan Bahagia dan Langgeng bagi untuk Wanita Karir







0 komentar:

Post a Comment