Thursday 7 January 2016

Susah Hamil? Berikut Beberapa Penyebabnya





Kehamilan adalah salah satu sesuatu yang diharapkan dari sebuah pernikahan. Sayangnya tidak semua pasangan suami istri bisa mewujudkan kehamilan sesuai keinginan dan dalam waktu yang cepat. Bahkan ada pasangan suami istri yang belum juga hamil walau sudah puluhan tahun menikah. Tentu saja itu sangat menyedihkan bagi siapa saja yang mengalaminya. Lalu sebenarnya, apa saja sih penyebab susah hamil?....


 Image Courtesy of [Nenetus] at FreeDigitalPhotos.net
Penyebab Susah Hamil

Sebagian besar penyebab susah hamil yaitu karena adanya gangguan kesuburan atau infertilitas. Infertilitas dapat dialami oleh laki-laki maupun perempuan. infertilitas adalah salah satu penyakit yang rumit dan masih terus dicari cara penangannya. Tekanan psikologis seperti stress cenderung menyebabkabkan ketidaksuburan atau infertilitas. Namun, faktor gaya hidup yang tidak teratur dan kurang menjaga kesehatan pun dapat menjadi alasannya. Dari ovulasi tidak teratur, pola makan yang buruk dan kebutuhan gizi yang kurang juga cenderung memicu Anda untuk susah hamil.

Sebagai pasangan suami istri yang ingin mendapatkan keturunan alangkah baiknya juga mengetahui penyebab susah hamil dengan harapan dapat berusaha melakukan yang terbaik untuk bisa hamil. Beberapa dokter menyarankan terutama pada pasangan yang berumur di atas 35 tahun agar segera mencari bantuan untuk mencoba hamil selambat-lambatnya setelah 6 bulan menikah. Sedangkan untuk pasangan di bawah 35 tahun yang mencoba untuk hamil disarankan selambat-lambatnya satu tahun untuk bisa berdiskusi dengan dokter dalam perencanaan kehamilannya. Berikut beberapa penyebab susahnya hamil pada pasangan suami istri yang wajib Anda ketahui:

Lemah dan Rendahnya Sperma

Lemah serta rendahnya kadar sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi sangat memperngaruhi susahnya kehamilan Anda. Normalnya sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi sekitar 39 juta dan apabila kurang dari 20 juta maka kecil kemungkinannya dapat membuahi ovum. Rendahnya kadar sperma ini menyumbang 30-40 persen dari masalah ketidaksuburan pada pasangan. Namun sebagai pasangan Anda harus selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada pasangan Anda untuk bisa segera mendapatkan sperma yang berkualitas. Ada berbagai cara yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk mengatasi hal ini. Konsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan langkah terbaik yang bisa dilakukan. Jika memang konsumsi obat atau bahkan operasi menjadi jalannya maka dengan kerjasama yang baik antara Anda dengan pasangan maka semuanya akan menjadi baik-baik saja.
Tetaplah optimis dan positif demi kehamilan yang Anda idam-idamkan.

Faktor Usia

Bagaimanapun usia Anda juga mempengaruhi kehamilan terutama pada wanita. Umur pada wanita merupakan faktor yang mempengaruhi kesuburannya. Dari beberapa dokter menyatakan wanita yang dilahirkan dengan jumlah sel telur sekitar satu sampai dua juta akan terus kehilangan setiap bulannya. Kualitas dan kuantitas sel telur akan semakin menurun seiring bertambahnya usia sampai mencapai titik akhir yaitu pada tahap monopause. Pada saat Anda mencapai monopause maka sudah tidak ada lagi sel telur yang tersisa.
Oleh karena itu, Anda harus mampu mempersiapkan dan menjaga kualitas sel telur agar mempermudah proses kehamilan. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D dan vitamin prenatal untuk menjaga kualitas sel telur. Selain itu, ubahlah semua kebiasaan buruk Anda seperti tidak lagi merokok dan menegurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak untuk menghindari obesitas. Lakukan secara rutin sampai Anda terbiasa sehingga kehamilan pun bisa Anda dapatkan.

Adanya Gangguan Ovulasi
Ini adalah istilah yang mencakup kemungkinan penyebab susah hamil karena ketidaksuburan pada wanita. Hal ini dikarenakan ketika ovulasi tidak terjadi, atau terjadi tapi tidak teratur. Kira-kira 20 sampai 40 persen dari infertilitas wanita berasal dari ovulasi tidak teratur. Beberapa wanita usia reproduksi mungkin pernah mengalami ovulasi (yang bisa menjadi indikasi menopause dini), sementara yang lain mungkin mengalami ovulasi setiap tiga bulan. Ketidakseimbangan hormon, olahraga berlebihan, penurunan berat badan berlebihan atau keuntungan, dan stres berlebihan adalah semua salah satu penyebab utama terhentinya siklus ovulasi wanita.
Pada dasarnya, ketidakteraturan ovulasi memiliki dampak buruk bagi sistem reproduksi Anda. Untuk mengatasi hal ini Anda melakukan pengobatan ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Kelebihan atau Kekurangan Berat Badan.

Dari beberapa penyampaian dokter didapatkan kalo berat badan juga dapat mempengaruhi fungsi hormonal. Konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak dan menyebabkan obesitas tidaklah baik untuk kesuburan Anda. Sebaliknya penelitian juga membuktikan bahwa berolahraga terlalu banyak dapat berdampak negatif terhadap hasil kesuburan Anda. Seringlan mengikuti acara yang berkaitan dengan pemberian bimbingan dan pengarahan untuk dapat mendapatkan berat badan ideal. Memiliki berat badan ideal diharapkan dapat mengatasi susah hamil yang Anda alami.

Intensitas Merokok yang Terlalu Sering

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok berdampak negatif pada kesuburan Anda. Dengan merokok maka akan memperlambat pembuahan pada sel telur. Laki-laki yang merokok juga akan memiliki jumlah sperma yang rendah dan lebih buruknya menyebabkan infertilitas. Ini mungkin dianggap sepele karena merokok sudah menjadi kebutuhan. Akan tetapi jika mengetahui dampak dan bahaya rokok maka sudah saatnya bagi Anda untuk berhenti merokok. Sederhana dan bisa Anda lakukan bersama pasangan Anda. Beberapa bulan sebelum Anda merencanakan kehamilan harus sudah terbiasa untuk tidak merokok. Ini adalah cara ideal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir penyebab susah hamil.

Ada beragam penyebab susah hamil, namun beberapa faktor tersebut adalah hal yang umumnya menjadi penyebab utama yang bisa Anda alami. Jika Anda adalah pasangan yang mendambakan kehamilan maka segeralah ubah kebiasaan buruk dan terapkan hal-hal tersebut sebagai solusinya. Tetaplah semnagat dan lakukan yang terbaik bagi Anda dan pasangan untuk mendapatkan buah hati idaman.

0 komentar:

Post a Comment