Wednesday 6 January 2016

Apa Saja yang Perlu Anda Lakukan untuk Mempersiapkan Kehamilan

Apa Saja yang Perlu Anda Lakukan untuk Mempersiapkan Kehamilan? Umumnya setelah pernikahan Anda akan bertanya-tanya apa saja yang harus dilakukan sebelum hamil.  Mempersiapkan kehamilan merupakan aspek yang sangat penting dalam proses kehamilan. Sederhananya, semakin matang persiapan yang Anda lakukan maka kesempatan untuk hamil pun akan semakin besar. Anda harus tahu waktu yang tepat untuk merencanakan kehamilan Anda. Semua itu dimaksudkan agar semua berjalan lancar sesuai rencana.

 Image Courtesy of [Imagerymagestic] at FreeDigitalPhotos.net
Suami Mencium Istri yang Sedang Tidur
Ada berbagai cara yang bisa membantu Anda  hamil dan mendapatkan bayi yang sehat tapi semuanya tidak ada jaminan akan berhasil sepenuhnya. Tapi, setidaknya Anda berusaha melakukan yang terbaik dengan menerapkan beberapa tips berikut:

Aturlah Berat Badan Anda 

Jika Anda betubuh gemuk atau kelebihan berat badan, mulailah banyak olahraga dan atur pola makan secara teratur. Dari beberapa penelitian menyebutkan wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas akan cenderung melahirkan anak dengan kondisi tidak normal atau cacat. Wanita yang bertubuh gemuk juga butuh usaha lebih untuk mendapatkan kesuburan karena ada potensi infertilitas (kurang subur).

Selain itu, Anda juga harus menghindari konsumsi makanan yang tinggi merkuri seperti ikan todak. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukkan merkuri yang bisa menyebabkan racun dalam tubuh Anda terutama bayi yang masih dalam kandungan.

Hentikan Kebiasaan Merokok 

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok maka segeralah untuk berlatih merubahnya sesegera mungkin. Bukan hanya Anda tapi pasangan Anda pun harus segera berhenti dari kebiasaan merokok. Banyak penelitian menunjukkan jika asap rokok bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit pada usus, balita yang hiperaktif bahkan bisa rentan terhadap ADHD. Asap rokok yang masuk ke dalam rahim saat Anda hamil juga berisiko pada berat bayi yang rendah saat lahir nanti. Segera mungkin Anda mengubah kebiasaan buruk merokok untuk mempersiapkan diri sebaik sebelum hamil.

Seringlah Konsultasi dengan Dokter

Tak kalah penting ketika Anda merencanakan kehamilan adalah dengan berdiskusi pada ahlinya seperti  dokter. Lakukan pemeriksaan ke dokter terkait dengan kesehatan dan kesiapan Anda untuk kehamilan baru.  Anda bisa menyampaikan riwayat kesehatan untuk lebih memastikan keberhasilah kehamilan. Dokter pasti akan membantu Anda merencanakan dengan baik terkait kondisi medis yang diperlukan untuk mempersiapkan kehamilan. Pemeriksaan tentang gizi, tiroid, kekebalan tubuh pun dilakukan pada Anda. Hal ini sangat memungkinkan Anda bisa mendapatkan kehamilan baru dengan kondisi badan prima karena pemeriksaan yang memberikan keamanan Anda. Bangunlah kerjasama yang baik dengan dokter Anda dalam mempersiapkan kehamilan baru.

Berhenti Menggunakan Pil KB Mulai dari 5 Bulan Sebelum Kehamilan

Penggunaan pil KB akan memungkinkan kurangnya kesuburan pada rahim Anda. Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk membersihkan hormon tambahan dari sistem Anda sebelum kehamilan. Oleh karena itu diperlukan waktu untuk mengembalikan kesuburan rahim dengan cara berhenti konsumsi pil KB mulai dari 5 bulan sebelum kehamilan.  Bersihnya rahim dari sisa-sisa hormonal pil KB pun sangat baik untuk mempermudah tertanamnya embrio karena adanya penebalan pada lapisan endometrium.

Mulai Konsumsi Vitamin

Alangkah baiknya saat Anda mempersiapkan kehamilan, mulailah mengkonsumsi vitamin seperti asam folat. Konsumsi asam folat yang cukup dapat mengurangi risiko terjadinya kecacatan pada saraf. Selain itu, banyak-banyaklah konsumsi vitamin B6 sebelum dan pada minggu pertama kehamilan. Jika vitamin B6 Anda konsumsi secara teratur maka kemungkinan munculnya rasa sakit pada usia kehamilan awal akan dapt diminimalisir. Kesuburan rahim pun akan semakin meningkat dari konsumsi vitamin yang Anda lakukan.  

Hindari Semua Jenis Minuman Beralkohol

Alkohol akan sangat berepengaruh pada tubuh Anda terutama saat berencana untuk hamil. Sayangnya, ada berbagai macam minuman yang mengandung alkohol baik dalam taraf sedikit maupun banyak. Oleh karena itu, Anda harus pandai memilih minuman untuk menghindari konsumsi alkohol. Jika Anda sudah terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol maka mulailah berhenti minimal pada dua bulan sebelum kehamilan. Anda memerlukan banyak nutrisi untuk mempersiapkan kehamilan bukannya alkohol. Semakin sering Anda mengkonsumsi alkohol maka semakin besar pula kemungkinan kehamilan dengan risiko cacat lahir. Tentu Anda tidak menginginkannya bukan? Bijaklah dalam bertindak. Lakukan pencegahan sedini mungkin.

Beberapa tips tersebut bisa segera Anda lakukan guna mempersiapkan kehamilan yang diidam-idamkan. Komunikasikan dengan pasangan Anda untuk turut bekerjasama menyukseskan persiapan kehamilan yang sehat dan terencana. Lakukan yang terbaik yang Anda bisa. Good Luck!



0 komentar:

Post a Comment