Sunday 31 January 2016

Lima Cara Menabung untuk Ibu Rumah Tangga Cerdas

Sebagai ibu rumah tangga cerdas harus mampu mengatur pengeluaran dan memanfaatkan pemasukan seperti menabung. Memang tidak seperti yang terlihat banyak mata bahwa menjadi ibu rumah tangga sangatlah gampang. Ibarat rumah tangga itu sebuah negara, maka ibu rumah tangga adalah menteri keuangannya.
Lima Cara Menabung untuk Ibu Rumah Tangga Cerdas
Image courtesy of [Pixomar] at FreeDigitalPhotos.net
Lima Cara Menabung untuk Ibu Rumah Tangga Cerdas

Selain mengurus anak, ibu rumah tangga juga harus cerdas dalam mengatur keuangan rumah tangganya. Sudah menjadi kebiasaan warga Indonesia bahwa keuangan keluarga itu istri yang mengelolanya. Anda bisa mulai memplotkan gaji dan penghasilan untuk keperluan rumah tangga sekaligus menabung.

Jika Anda bisa berhemat, maka nanti Anda juga yang akan memetik keuntungannya. Semua pengeluaran harus bisa dikontrol dan prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu. Jangan tunda untuk menabung karena itu salah satu cara ampuh untuk menyelematkan keuangan Anda. Nah untuk itu sebagai ibu rumah tangga harus mulai mengikuti beberapa cara menabung yang bisa dengan mudah Anda lakukan.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menabung.


1. Biasakan untuk Menyisihkan Uang Belanja

Kunci yang utama agar Anda mampu menyisihkan uang belanja yaitu dengan melatih disiplin diri. Bagaimanapun caranya kalau belum ada konsistensi yang tertanam dalam diri sendiri maka usaha menabung pun akan sulit. Bisa bisa menabung menjadi seperti sebuah paksaan dan membuat tertekan. Untuk mempermudahnya cobalah menyisihkan uang belanja di awal bulan saat kondisi uang masih utuh.

Untuk permulaan Anda bisa memulai hanya mengambil sekitar 10% dari pendapatan bulanan. Jadikan ini sebagai langkah untuk melatih berhemat. Buatlah daftar belanja selama satu bulan dari rumah sesuai kebutuhan. Kalau biasanya Anda selalu membawa uang kontan dalam jumlah besar saat berbelanja maka ubahlah dengan membawa kartu debet dan uang kontan yang di pas. Hal ini ditujukan agar Anda tidak gelap mata dan membelanjakan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Coba bayangkan dari 10% pendapatan yang ditabung, dalam jangaka waktu 10 bulan saja Anda sudah bisa mengumpulkan uang sejumlah pendapatan penuh setiap bulan.

2. Aktif dalam Arisan

Saat Anda mengikuti arisan maka rasa tanggung jawab pun akan muncul. Anda seperti ada sedikit tarikan saat akan berbelanja sesuatu yang mahal karena terpikir kewajiban untuk membayar arisan. Bagaimanapun juga ketika menjadi anggota arisan, ada sedikit pengurangan pemborosan belanja. Semua keindahan akan Anda dapatkan saat dana arisan berhasil diperoleh, dan sebisa mungkin alokasikan untuk ditabung. Selain itu, rasa berbagi dan tetap menjalin persaudaraan juga menjadi salah satu nilai positif arisan bagi Anda. Anda tertarik untuk aktif dalm arisan bukan?...

3. Membuat Kebiasaan Mengumpulkan untuk Nilai Mata Uang Tertentu

Setiap hari pasti Anda tidak sengaja menemukan selembaran nilai mata uang tertentu seperti dua ribuan atau seribuan. Mungkin itu sisa dari belanjaan saat membeli sayur mayur di pasar atau kembalian saat naik taksi. Kenapa tidak mencoba untuk melatih menyimpan uang pada nominal tertentu setiap kali Anda mendapatkannya. Lama kelamaan Anda akan terbiasa dan refleks tidak akan menggunakan uang dua ribuan dan memilih untuk menyimpannya. Yup, perlu diakui hal simpel seperti ini jika Anda parktikan juga akan membuahkan hasil. Anda bisa menaruhnya di dalam celengan atau tempat tabungan konvensional lainnya. Setelah beberapa bulan coba Anda cek dan pasti hasilnya juga ada.

4. Sediakan Jajan Anak dengan Bekal dari Rumah.

Masa anak-anak adalah salah satu masa yang identik dengan makan jajan. Walau kesannya sedikit, tapi bisa jadi justru itu yang bisa menyebabkan pengeluaran Anda menjadi tidak terkontrol. Sebagai ibu rumah tangga harus bisa kreatif menemukan cara bagaimana bisa menabung dari uang jajan anak. Bisa saja Anda selalu sediakan bekal yang berisi aneka jajan buatan sendiri saat ia beraktivitas di luar rumah. Selain dapat menghemat pengeluaran, jaminan gizi serta oin higienis pun dapat terjaga. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sering banyak jajan yang beredar di luar justru mengandung bahan kimia berbahaya seperti pewarna dan pengawet.

5. Biasakan Belanja di Pasar Tradisional

Salah satu tempat belanja yang menyediakan bahan baku makanan relatif murah yaitu pasar taradisional. Apalagi akhir-akhir ini sudah banyak pasar tradisional yang mempunyai tempat berkualitas baik dari segi bangunan, keamanan, maupun kebersihan. Apabila Anda berbelanja disitu maka besar kemungkinan ada selisih uang. Potensi Anda untuk menabung pun menjadi semakin besar. Tidak semua bahan-bahan yang relatif murah itu buruk, justru Anda akan mendapatkan banyak sayuran dan buah-buahan segar dari pasar tradisional.

Selain itu, jika memungkinkan semua hasil tabungan Anda bisa mulai dijadikan modal untuk membuka usaha. Apalagi jika Anda termasuk ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang, ini adalah kesempatan Anda untuk menuangkan bakat dan kreativitas. Misalnya membuka jasa catering, jualan hasil handmade, atau bisnis online. Anda bisa menabung uang tambahan hasil kerja keras. Itulah lima cara menabung untuk ibu rumah tangga cerdas yang bisa Anda praktikkan. Anda pasti ingin menjadi salah satu nama yang ikut andil dalam gerakan menabung bukan? Semoga bermanfaat dan selamat menabung!

0 komentar:

Post a Comment