Tuesday 2 February 2016

Bahaya dan Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online Gratis

Seiring majunya teknologi, semakin cepat pula bagi anak-anak mengakses berbagai game online gratis di internet. Anak Anda bisa dengan mudah membuka dan memainkan game online baik lewat PC, komputer, tablet, dan berbagai smartphone yang ada di rumah. Anak Anda akan mencoba berbagai game online terbaru bisa sampai seharian tanpa ingat makan atau belajar.

Walaupun ada segi positif yang bisa diambil dari game online seperti yang berbasis mendidik, akan tetapi kebanyakan tujuan anak-anak hanya untuk bersenang-senang dan mencari hiburan. Apalagi berbagai game online gratis semakin banyak jenisnya dan selalu menyajikan hal-hal baru bagi anak. Tentu saja ini akan semakin membuat anak betah bahkan sampai pada tahap kecanduan. Anak Anda akan merasa ada yang kurang kalo belum maen game online.

Bahaya dan Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online Gratis
Image courtesy of [Stockimage] at FreeDigitalPhotos.net
Bahaya dan Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online Gratis 

Apabila kondisi ini terus berlanjut pada anak Anda, maka ada beberapa bahaya kecanduan game online gratis yang bisa mengintai akibat terlalu sering bermain. Perkembangan anak baik dari segi fisik maupun psikisnya akan terganggu. Berikut beberapa bahaya yang mungkin muncul akibat kecanduan game online gratis pada anak, antara lain:


Bahaya Kecanduan Game Online Gratis


- Anak akan semakin diam dan kurang bergaul dengan anak yang lainnya. Tentu saja ini akan terjadi pada anak yang terlalu sering bermain game online karena Ia hanya perlu beberapa perangkat seperti Tablet atau smartphone. Anak Anda akan terlalu asik dengan dirinya sendiri dan kurang renposif terhadap lingkungan sekitar.

- Kurang berbicara. Game online yang di desain hanya agar anak bisa menggunakan tangan dan otaknya saja maka memungkinkan anak tidak terlalu banyak bicara. Lama kelamaan jika terus dibiarkan, anak Anda akan semakin sulit dalam berkomunikasi bahkan minder saat bertemu dengan teman sebayanya.

- Kurang peka terhadap keadaan sekitar. Yup, anak Anda biasanya akan menjadi lebih cuek dengan keadaan sekitar seperti ada saudara atau temannya yang terkena musibah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja karena kebanyakan game online yang anak Anda mainkan bertema tembak-tembakan, tinju, dan kekerasan fisik lainnya. Secara tidak langsung anak akan semakin keras dan hilang rasa pedulinya. Anak Anda hanya memikirkan bagaimana caranya menjadi yang kuat tanpa perlu bantuan orang lain.

- Kesehatannya mulai terganggu terutama pada motoriknya. Saat anak Anda sudah kecanduan game online, biasanya bisa seharian menatap monitor PC ataupun smarphone. Sinar yang dikeluarkan oleh beberapa alat elektronik tersebut bisa menimbulkan beberapa gangguan seperti rasa pusing, mata sakit, bahkan susah untuk istirahat. Tubuh anak Anda juga akan semakin kurang berkembang terutama bagian motoriknya karena terlalu banyak diam. Anak Anda hanya duduk atau tiduran saja saat bermain game. Apalagi ditambah sambil konsumsi makanan kecil yang mengandung banyak lemak saat maen game online. Efek kegemukan bisa saja mengintai anak Anda.

Beberapa bahaya dari game online untuk anak membuat Anda semakin was-was dan ingin segera mencari cara bagaimana cara mengatasinya. Walaupun sebenarnya hanya sedikit kerugian yang akan didapat jika anak Anda bermain game online gratis tidak terlalu berlebihan. Namun,tetap saja itu hal yang sulit untuk diwujudkan. Anak Anda akan terlalu asik dan tidak bisa dihentikan ketika bermain game online. Tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips cara mengatasi anak dari kecanduan bermain game online.

Cara Mengatasai Anak Kecanduan Game Online Gratis


- Alihkan pada Kegiatan Lain
 
  Mengembangkan pengetahuan dalam media online memang penting. Semua akan menjadi berbahaya jikalau terlalu berlebihan. Untuk mengatasi keadaan ini, Anda perlu mengalihkan perhatiaannya untuk beberapa waktu. Ajaklah anak Anda untuk membantu menyiapkan menu makanan untuk makan siang, membereskan rumah atau sekedar mengajaknya mengobrol sambil makan snack favoritnya. Lama kelamaan rasa terpaku pada bermain game online pun semakin berkurang.

- Ajaklah liburan saat Akhir Pekan
  Rasa jenuh pada aktivitas harian mungkin menjadi salah satu penyebab anak Anda kecanduan game  online. Anak Anda akan menuangkan rasa bosan dan letihnya dengan bermain game online gratis. Ia seperti mendapat hiburan yang bisa membuatnya lega. Oleh karena itu, tidak salahnya jika Anda mengajaknya pergi ke tempat wisata seperti pegunungan maupun kebun binatang. Anak Anda bisa langsung melupakan game online dan kecanduannya pun mereda.

- Ajak Lari Pagi Sekitar Kompleks

Agar anak bisa sedikit melupakan kecanduannya bermain game online, Anda bisa mengajaknya lari pagi keliling kompleks setiap hari. Setidaknya ada beberapa waktu yang cukup untuk mengalihkan ingatan anak Anda dari game online. Ajaklah anak tetangga yang seumuran dengan anak Anda untuk mengembalikan jiwa sosialisasinya. Lakukan ini secara konsisten dan telaten. Suatu saat nanti pasti anak Anda justru yang akan mengajak Anda untuk lari pagi bersama. Bukankah itu menyenangkan?...

Sudah menjadi hal wajar bila anak sanagat menyukai dunia digital dan menajdi kecanduan. Anda tidak bisa mencegah dan menghentikan semua arus teknologi untuk bisa diakses anak. Libatkan diri Anda sebisa mungkin untuk mengatasi kecanduan game online pada anak. Ada berbagai bahaya yang bisa diakibatkan akibat kecanduan game online gratis pada anak. Partisipasi Anda dan keluarga sangatlah menentukan. Good Luck!!

Baca juga artikel lainnya:

Bagaimana Cara Merencanakan Dana Pendidikan Anak secara Tepat?
Tips mencegah kecanduan narkoba pada anak usia 13-14 tahun
Tips Cerdas Cara Menangani Anak Berkebutuhan Khusus
Kenali Sejak Dini Tanda-tanda Pelecehan Seksual pada Anak Usia 6-12 tahun
Mencegah anak melakukan bullying: Apa yang harus Anda lakukan?
 

 

0 komentar:

Post a Comment