Tuesday 29 December 2015

Kenali Sejak Dini Tanda-tanda Pelecehan Seksual pada Anak Usia 6-12 tahun

Apa saja tanda-tanda terjadinya pelecehan seksual pada anak usia 6-12 tahun?. Siapa yang paling mungkin mengalami pelecehan seksual? Semua anak sangat rentan terhadap pelecehan seksual terutama anak-anak cacat. Anak-anak dengan ketidakmampuan belajar, misalnya, dapat berperilaku seksual dengan cara yang tidak sejalan dengan usia mereka. Perhatian khusus mungkin diperlukan dalam mendidik anak-anak tersebut untuk memahami perkembangan seksual mereka dan untuk memastikan bahwa mereka dapat berkomunikasi secara efektif tentang kekhawatiran mereka miliki. Anda sebagai orang tua sudah sepatutnya harus peka terhadap perilaku anak Anda demi keselamatan mereka.
Baca juga : Mencegah anak melakukan bullying: Apa yang harus Anda lakukan?
Kenali Sejak Dini Tanda-tanda Pelecehan Seksual pada Anak Usia 6-12 tahun
Image Courtesy of [David Castillo Dominici] at FreeDigitalPhotos.net
Tanda-tanda Pelecehan Seksual Anak Usia 6-12 Tahun

Pelecehan seksual merupakan insiden di mana seorang anak dipaksa melakukan aktivitas seksual. Seseorang mungkin penyalahgunaan seksual anak menggunakan ancaman dan kekuatan fisik,tetapi tidak menutup kemungkinan kadang berkedok halus di mana anak tersebut dipaksa percaya bahwa kegiatan tersebut merupakan ekspresi cinta. Pelecehan seksual dapat dibagi menjadi pelecehan seksual menyentuh dan non menyentuh.

Beberapa contoh kegiatan seksual yang menyentuh meliputi:
  •  menyentuh alat kelamin anak atau bagian pribadi untuk kenikmatan seksual
  •  membuat anak menyentuh alat kelamin orang lain, bermain game seksual atau berhubungan   seks menempatkan benda atau bagian tubuh (seperti jari, lidah atau p*nis) di dalam v@gina, di mulut atau di anus anak untuk kenikmatan seksual
Beberapa contoh kegiatan seksual non-menyentuh meliputi:
  •  menunjukkan pornografi untuk anak sengaja mengekspos alat kelamin orang dewasa untuk anak
  •  memotret anak di pose seksual
  •  mendorong anak untuk menonton atau mendengar tindakan seksual
  •  menonton menanggalkan pakaian anak atau menggunakan kamar 
Pada umumnya semakin berkembangnya anak usia 6-12 tahun, rasa ingin tahu mereka terhadap hal-hal seksual mulai tumbuh. Kadang-kadang mereka mulai bereksplorasi dengan teman seusinya atau yang lebih riskan adanya pemanfaatan oleh orang dewasa dan oknum-oknum tertentu. Anda juga perlu memahami bahwa Anak-anak lebih sering menunjukkan kepada kita daripada memberitahu kita bahwa ada sesuatu yang mengganggu mereka.

Ini adalah kesempatan untuk berbicara dengan mereka tentang menjaga diri mereka sendiri dan membiarkan mereka tahu bahwa Anda adalah seseorang yang akan mendengarkan. Pada usia ini Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang menstruasi, kehamilan dan perilaku seksual lainnya seperti percobaan dengan anak-anak lain, sering selama permainan, mencium, menyentuh, menunjukkan dan bermain peran misalnya ibu dan ayah atau dokter dan perawat atau pernahkan masturbasi secara pribadi. Hal ini dilakukan agar nanti anak bisa merajuk dan Anda segera mengenali terjadi tanda-tanda pelecehan seksual pada anak.

Mungkin ada banyak alasan terjadinya perubahan dalam perilaku mereka, tetapi jika kita bisa melihat perilaku mengkhawatirkan mungkin sudah saatnya untuk meminta bantuan atau nasihat. Berikut tanda-tanda anak usia 6-12 tahun yang mengalami pelecehan seksual:
1. Terjadi Perubahan Perilaku yang Tidak Seperti Biasanya
  • Bertindak dengan cara seksual yang tidak pantas dengan mainan atau benda
  • Mimpi buruk, masalah tidur
  • Menjadi sangat pendiam
  • Perubahan kepribadian secara mendadadak
  • Perilaku agresif dan kekerasan
  • Ledakan kemarahan
  • Mengompol, masalah tidur, mimpi buruk
  • Perilaku seksual, bahasa, atau pengetahuan seksual yang terlalu maju untuk usia mereka
  • Melakukan kegiatan yang merugikan diri sendiri (pemotongan, pembakaran atau kegiatan berbahaya lainnya)
  • Tidak ingin sendirian 
  • Keinginan bunuh diri yang sangat kuat
2. Perhatikan Tanda-tanda Perubahan Fisik
   
Tanda-tanda fisik pelecehan seksual pada anak usia 6-12 tahun jarang, namun, jika Anda melihat tanda-tanda ini, harus     segera melakukan tindakan lebih lanjut seperti membawa anak Anda ke dokter. Dokter Anda dapat membantu Anda memahami apa yang mungkin terjadi dan tes untuk penyakit menular seksual.
  • Nyeri, perubahan warna, perdarahan atau discharge di alat kelamin, anus atau mulut
  • Nyeri persisten atau berulang selama buang air kecil dan buang air besar
  • Anak mengalami kesusahan saat berjalan
  • Kulit di sekitar pantat terasa kasar
Salah satu hal yang paling sulit bagi orang tua untuk menemukan adalah bahwa anak mereka mungkin telah dirugikan secara seksual atau pelecehan anak lain. Dalam situasi ini, penolakan, syok dan marah adalah reaksi normal. Jika tidak menanggapi dengan cepat dan sensitif, efek pada seluruh keluarga dapat menghancurkan. Hal ini penting untuk waspada dan kenali sejak dini tanda-tanda terjadi pelecehan seksual pada anak usia 6-12 tahun. Jika Anda berada dalam situasi ini, ingat bahwa Anda tidak sendirian. Banyak orang tua lainnya telah melalui pengalaman yang sama, dan, sebagai hasilnya, anak dan keluarga menemukan bantuan yang mereka butuhkan yang mampu membangun kembali kehidupan mereka.

Informasi Menarik Lainnya 

Tips Cerdas Cara Menangani Anak Berkebutuhan Khusus

Tips mencegah kecanduan narkoba pada anak usia 13-14 tahun


4 Hal Negatif yang Seharusnya tidak Anda Katakan kepada Anak Anda


Lakukan 5 Cara Ini Untuk Tangani Tantrum pada Anak


Bahaya dan Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online Gratis



0 komentar:

Post a Comment