Tuesday 26 January 2016

Cara Masak Bubur Kacang Hijau sebagai Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Bubur kacang hijau adalah salah satu kuliner tradisional di indonesia yang populer. Panganan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telingan Anda. Bagaimana tidak? Hampir semua kota selalu aja ada penjual bubur kacang hijau. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi dalam bubur kacang hijau juga sangat baik untuk tubuh terutama ibu hamil. Lalu bagaimana cara masak bubur kacang hijau sebagai makanan sehat untuk ibu hamil?

Bubur kacang hijau merupakan salah satu jenis bubur yang berbahan dasar kacang hijau, kemudian dicampur santan serta gula merah, dan ditambahi daun pandan agar mendapatkan aroma wangi yang khas. Biji dari kacang hijau inilah yang menjadi bagian paling penting karena untuk mendapatkan bubur kacang hijau yang nikmat harus dengan memanfaatkan bijinya. Betul bukan?... 

cara masak bubur kacang hijau sebagai makanan sehat untuk ibu hamil
Bubur kacang hijau memiliki rasa yang khas serta proses pembuatannya yang relatif mudah. Tentu saja ini menjadi daya ungkit bubur kacang hijau untuk bisa dikonsumsi ibu hamil. Anda pasti akan selalu tertarik untuk menikmati bubur kacang hijau saat sedang bersantai atau berkumpul bersama keluarga.

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya maka kacang hijau menjadi pilihan tepat sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Hal ini diarenakan kacang hijau mengandung protein nabati yang cukup tinggi dan tentunya sangat baik untuk kesehatan baik ibunya sendiri maupun janin yang dikandungnya. Gangguan kehamilan pun dapat diminimalisir pastinya.

Selain itu kacang hijau ini merupakan sumber mineral yang cukup penting diperlukan bagi tubuh seperti kalsium, fosfor, karbohidrat kompleks, serta vitamin B. Bahkan banyak ahli gizi menyarankan para ibu hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau, karena nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau baik untuk membantu pertumbuhan janin.

Manfaat kacang hijau lainnya yaitu mengandung kalsium dan juga fosfor yang berguna bagi tubuh untuk proses pembentukan tulang. Sementara untuk kandungan lemaknya, kacang hijau mengadung 23 % asam lemak jenuh dan 73 % asam lemak tak jenuh, kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi membuat kacang hijau aman untuk dikonsumsi termasuk ibu hamil yang memiliki berat badan yang berlebih.

Apalagi untuk ibu hamil trimester pertama yang rawan terjadi gangguan-gangguan pada janin sehingga memerlukan asam folat guna membantu perkembangan saraf bayi. Kandungan asam folat pada kacang hijau sangat baik untuk perkembangan saraf dan otak bayi di masa kehamilan. Kandungan nutrisi pada bubur kacang hijaupun mampu mengurangi risiko terjadinya kelainan jantung bayi, serta lahir cacat.

Dari kandungan yang terdapat dalam kacang hijau, banyak sekali manfaat yang bisa diambil terutama sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Selain itu, cara mengolah kacang hijau pun sangatlah mudah. Stok kacang hijau pun sangat banyak sehingga mudah bagi Anda untuk mendapatkannya. Hampir dari daerah desa hingga perkotaan, kacang hijau selalu bisa Anda temui. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan kacang-kacangan terutama kacang hijau sebagai salah satu camilan atau panganan dalam menu sehari-hari untuk mendapatkan protein nabati yang terbaik.

Bagi Anda yang ingin membuat bubur kacang hijau sendiri langsung simak cara masak bubur kacang hijau berikut ini:

Rerep Masak Bubur Kacang Hijau


Bahan :

    400 gr kacang hijau
    2,5 liter air bersih
    600 ml santan kental
    500 gr gula merah ( disisir halus )
    1 ruas jahe ( memarkan )
    2 lembar daun pandan yang sudah bersih
    1,5 sendok teh garam halus

Bahan Pelengkap :

    susu kental manis putih
    vanili bubuk

Cara Masak Bubur Kacang Hijau :

  • Cuci kacang hijau dengan air sampai benar-benar bersih, buang semua sampah termasuk kacang hijau yang mengapung karena kacang hijau yang mengapung berarti rusak.
  • Rebus kacang hijau dalam 2,5 liter air bersih yang mendidih, biarkan sampai mengembang dan empuk.
  • Masukkan gula merah yang sudah direbus, lalu disaring kemudian tuang kedalam rebusan kacang hijau tadi.
  • Masukkan jahe yang sudah dimemarkan dan daun pandan kedalam rebusan kacang hijau lalu biarkan hingga mendidih.
  • Setelah itu tambahkan garam lalu perlahan aduklah rebusan kacang hijau sampai benar-benar matang (agar santan tidak pecah)
  • Angakat dan bubur kacang hijau siap untuk disajikan
Jika Anda menginginkan variasi rasa maka bisa tambahkan buah-buahan yang berbau wangi seperti potongan nangka. Selain itu, bisa juga dengan menambah ketan hitam atau biji mutiara untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Anda bisa kombinasikan tambahan sebagai pelengkap bubur kacang hijau sesuai selera Anda. Bubur kacang hijau pun siap Anda nikmati dengan dihidangkan pada mangkok dengan ditemani teh hangat. Yang perlu Anda garis bawahi adalah semua tambahan itu dimaksudkan agar bisa menikmati bubur kacang hijau sebagai makanan sehat untuk ibu hamil.

Demikian tadi informasi yang bisa Anda baca tentang kacang hijau. Ada banyak pengetahuan yang bisa Anda ambil dan diterapkan dalam pemilihan makanan sehari-hari. Semoga artikel tentang cara memasak bubur kacang hijau sebagai makanan sehat untuk ibu hamil ini bisa bermanfaat bagi Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...!!


Baca juga artikel lainnya:

Berhubungan Intim saat Hamil 8 Minggu... Amankah?
Apa Saja yang Perlu Anda Lakukan untuk Mempersiapkan Kehamilan
Tanda tanda Kehamilan Awal 1 Minggu Pertama setelah Menstruasi
Makanan Ibu Hamil 4 Bulan Pertama agar Bayi Cerdas dan Sehat
5 Khasiat Buah Manggis untuk Asupan Gizi Ibu Hamil Muda

0 komentar:

Post a Comment