Monday 25 January 2016

Trik Mudah Mengatasi Anak Tantrum dengan Tepat

Rasa khawatir pasti akan muncul ketika anak Anda mengalami tantrum. Walaupun mungkin sudah sering anak Anda terkena tantrum, tetapi tetap saja terkadang rasa marah ataupun stres timbul secara tiba-tiba. Bahkan secara tidak sadar Anda akan berlaku kasar seperti mencubit atau memukulnya. 

Ekspresi ini sangatlah manusiawi terjadi pada Anda sebagai orang tua yang sudah seharian disibukkan dengan urusan rumah ataupun pekerjaan. Akan tetapi, kekerasan bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi anak tantrum. Anak Anda mungkin saja saat itu akan langsung diam karena takut tapi dalam jangka panjang justru bisa membuatnya trauma. Anda harus mampu menempatkan diri dan berperan sebaik mungkin sebagai orang tua.
 Salah satu cara tepat yang bisa Anda lakukan untuk pertama kali yaitu dengan memahami anak Anda terutama dari segi sikapnya. Lihatlah anak Anda dari berbagai segi baik kekurangan maupun kelebihannya. Anak terlahir ke dunia dengan berbagai keunikannya masing-masing. Berbagai keunikan tersebut akan melekat dan membentuk kepribadiannya. 

Image courtesy of [Imagerymajestic] at FreeDigitalPhotos.net
Trik Mudah Mengatasi Anak Tantrum dengan Tepat
Selanjutnya pahamilah kondisi yang biasa membuat anak Anda merasa nyaman atau sebaliknya tandai yang bisa membuatnya marah-marah dan berpotensi tantrum. Berikan beberapa pengertian kepada anak Anda bahwa ada berbagai cara yang bisa ia ungkapkan untuk menunjukkan ketidaknyamanannya selain dengan marah-marah. Ajarkan semampu anak Anda dalam usaha mengendalikan dirinya. Tunjukkan sikap betapa Anda menyayanginya dan biarkan anak Anda memilih apa yang menjadi kesukaannya.

Mengatasi anak tantrum bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk Anda lakukan. Semuanya butuh proses sampai Anda benar-benar terbiasa mengatasinya saat itu terulang. Jika Anda selalu memberikan kasih sayang pada anak Anda setiap kali terjadi tantrum maka lama kelamaan juga ia akan mengerti. Konsistensi serta kesabaran adalah kunci yang bisa Anda pegang. Ambil sisi positif cara Anda dalam mengatasi tantrum anak sebagai wujud memahami kepribadiannya lebih dalam lagi. 

Kalo memungkinkan berikan komunikasi kepada anggota keluarga lain agar bisa mendukung usaha Anda serta bisa menerima apa adanya. Berikan pengetahuan bahwa anak tantrum itu sangat wajar dialami saat usia 1-3 tahun. Itu adalah salah satu fase yang biasa dilewati anak. Semua siklus yang anak Anda lewati pasti dimaksudkan untuk membantu perkembangan emosionalnya.

Keterampilan Anda mengatasi anak tantrum secara tepat sangatlah bermanfaat bagi anak Anda. Ingat, hal sekecil apapun yang Anda lakukan pasti mempunyai efek pada anak. Jika Anda selalu positif dan mengedepankan perkembangan anak Anda pasti kesulitan itu akan berubah menjadi keindahan. 

Jauhkan putus asa serta kerjasama dengan pasangan bisa menjadi obat mujarab dalam mengatasi anak tantrum. Mungkin Anda akan berusaha mencari terus menerus sampai menemukan trik  penanganan ank tantrumyang benar-benar  tepat. Satu hal yang perlu ditanamkan pada pikiran Anda adalah semua usaha yang Anda lakukan akan membuahkan hasil yang manis pada akhirnya. Selalu ada harapan dalam setiap tindakan yang Anda lakukan.

Setiap anak memang berbeda-beda khususnya karakter mereka. Untuk itu, Anda perlu menemukan trik yang tapat yang benar-benar bisa diterapkan. Pahamilah bahwa anak sebenarnya sedang mengalami tahap perkembangan batita yang unik. Jangan sampai Anda kehabisan akal dalam mengatasi tantrum anak. Selain itu, rajinlah meningkatkan pengetahuan Anda tentang trik mudah mengatasi anak tantrum dengan tepat dari berbagai sumber. 

Bantulah anak Anda dalam mengembangkan dirinya semampu Anda. Jadilah orang tua yang selalu bisa dibanggakan oleh anak. Semua perlakuan Anda akan berbekas sampai nanti. Apabila Anda selalu bersikap positif maka kemanisan hidup yang ia rasakan sebaliknya perlakuan kasar justru memberikan trauma padanya.

Itulah beberapa trik mudah mengatasi anak tantrum dengan tepat yang bisa Anda terapkan dalam keseharian bersama anak Anda. Manfaatkanlah waktu kebersamaan dengan memberi kasih sayang setulus hati Anda sebagai orang tua sekaligus teman. Mudah bukan?..... Good Luck!

0 komentar:

Post a Comment