Monday 29 February 2016

Obat Tradisional Kanker Serviks | Kulit Manggis,Kunyit Putih,Daun Sirsak

Apa itu kanker serviks ? apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya? Kanker serviks stadium awal sampai saat ini masih sulit dideteksi. Ada berbagai alasan seperti pengetahuan, pendidikan, serta penyuluhan mengenai kanker serviks masih belum banyak dilakukan. Sebuah fakta dari data badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, bahwa sampai detik ini penyakit kanker serviks menempati peringkat paling atas penyebab kematian pada wanita di dunia daripada penyakit kanker lainnya. Apalagi di Indonesia yang notabene negara berkembang sehingga masih banyak wanita yang pengetahuannya tentang kanker serviks masih minim.

Obat Tradisional Kanker Serviks | Kulit Manggis,Kunyit Putih,Daun Sirsak
Image courtesy of [Stuart Miles] at FreeDigitalPhotos.net
Obat Tradisional Kanker Serviks | Kulit Manggis,Kunyit Putih,Daun Sirsak

Dilansir dari wikipedia, Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Adapun prosesnya yaitu virus papiloma berkembang dan menyerang imunitas tubuh Anda. Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan intim, terutama bagi yang suka gonti-ganti pasangan. 

Selain menular melalui cairan, virus HPV juga bisa menular melalui sentuhan kulit. Untuk itu, menggunakan kondom saat berhubungan intim tidak sepenuhnya mampu mencegah penularan virus HPV ini. Selain itu pencemaran bahan kimia , pengawet makanan dan minuman, pewarna buatan, penyedap rasa juga mempercepat timbulnya kanker serviks pada wanita. Apalagi bagi wanita yang suka merokok, kandungan zat adiktif pada rokok juga dapat menjadi penyebab kanker serviks.

Selain dengan upaya medis, salah satu cara mengobati kanker serviks adalah dengan menggunakan obat tradisional. Misalnya dengan memanfaatkan tumbuhan alami yang ada di lingkungan terdekat. Sebagai wanita, Anda harus waspada karena penyakit ini sering datang tanpa dikenali tanda-tanda yang signifikan. Bisa saja Anda baru mengetahuinya setelah kanker serviks sudah mencapai stadium lanjut. Sebagai langkah awal, Anda  juga bisa makan buah dan sayuran ini untuk cegah kanker agar tidak sampai stadium lanjut. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin karena memang buah dan sayuran ini banyak terdapat di Indonesia.

Adapun gejala-gejala kanker serviks yaitu diantaranya timbul rasa sakit dan pendarahan saat berhubungan intim, keputihan yang berlebihan dan tidak normal, perdarahan di luar siklus menstruasi, dan penurunan berat badan drastis. Anda juga harus tahu apa saja penyebab kanker sehingga bisa segera mulai dihindari. Bukankan lebih baik mencegah daripada mengobati? Prinsip itu juga bisa Anda terapkan dalam menjaga pola hidup sehat. Oleh karena itu Indonesia sebagai negara tropis yang memiliki berbagai tanaman alami sangat cocok digunakan oleh Anda sebagai obat tradisional kanker serviks.

Adapun obat tradisional yang mengandung zat anti kanker untuk mengobati kanker serviks yaitu :

Tanaman Kunyit Putih
Kunyit Putih sebagai Obat Tradisional Kanker Serviks
Image Courtesy of [Anankkml] at FreeDigitalPhotos.net
Kunyit Putih sebagai Obat Tradisional Kanker Serviks

Kunyit Putih yang tentunya berwarna putih bukan kuning seperti kunyit pada umumnya ini mengandung banyak minyak atsiri. Banyak ahli menduga bahwa minyak atsiri dapat mengatasi pembengkakan atau anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh atau immunostimulan serta antioksidan. Hal ini tentu saja sangat bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional kanker serviks bagi Anda. Anda hanya perlu merebus kunyit putih dan meminumnya secara rutin setiap hari.

Sari Daun Sirsak. 
 
Daun Sirsak sebagai Obat tradisional kanker
Daun Sirsak sebagai Obat Tradisional Kanker

Bukan rahasia lagi kalau daun sirsak ini memiliki khasiat untuk membunuh sel-sel kanker terutama kanker serviks. Selain itu, daun sirsak ini juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena sifatnya yang mampu mencegah infeksi dan radikal bebas. Rebuslah daun sirsak kurang lebih 2-3 helai selama 20 menit. Minumlah sari daun sirsak itu secara rutin minimal 3 kali seminggu.

Adapun cara kerja daun sirsak dalam membunuh sel kanker yaitu:
  • Menonaktifkan Karsinogen : Khasiat daun sirsak dapat menonaktifkan zat aktif yang dapat menyebabkan kanker atau sering disebut sebagai karsinogen
  • Antiproliferasi : Suatu tameng untuk mencegah proses perkembangan sel yang abnormal pada kanker
  • Menghambat Siklus Sel : Siklus pembelahan sel pada kanker bisa dicegah prosesnya. Saat sel akan mengalami pembelahan secara tepat dan terus menerus maka kandungan daun sirsak dapat berperan dalam menghambat siklus pembelahan sel abnormal ( kanker ) tersebut.
  • Induksi apoptosis dan diferensiasi : Sel kanker akan terdorong untuk mati dengan sendirinya.
  • Inhibisi angiogenesis : Menghambat produksi pembuluh darah baru pada sel kanker sehingga makanan/nutrisi bagi perkembangan sel kanker menjadi terganggu. Lama kelamaan sel kanker akan menusut dan mati.
Ekstra Kulit Manggis
Kulit Manggis sebagai Obat Tradisional Kanker Serviks
 Image Courtesy of [Antpkr] at FreeDigitalPhotos.net
Kulit Manggis sebagai Obat Tradisional Kanker Serviks

Kulit Manggis. Kandungan kulit manggis terdapat senyawa alami yaitu Xanthone yang memiliki kadar antioksidan (penangkal radikal bebas) sangat tinggi melebihi buah-buahan lainnya. Xanthone juga memiliki manfaat sebagai anti bakteri dan anti kanker. Tanaman ini mengandung Xanthone yang paling tinggi dibandingkan buah lainnya dan dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Saat ini kulit manggis telah banyak dijual dalam bentuk sirup maupun tablet.

Berikut kandungan antioksidan xanthone yang terdapat dalam kulit manggis sebagai obat tradisional kanker serviks: 

Alfamangostin 

Alfamangostin sangat berperan dalam mengendalikan sel kanker. Zat ini mampu membentuk sebuah seistem yang sering disebut apotosis atau proses bunuh diri. Artinya xanthone mampu memicu sel kanker untuk bertindak bunuh diri secara terprogram.

Alfamangostin dan garsinon-E 

Alfamangostin dan garsinon-E mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sel kanker akan terus berkembang atau sering dikenal dengan sebutan ploliferasi. Xanthone dalam kulit manggis berperan sebagai antiploliferasi sehingga pertumbuhan sel kanker menjadi terganggu.

Xanthone 

Xanthone dalam kulit manggis bisa dipakai untuk memperbaiki kondisi kesehatan seseorang yang dalam proses kemoterapi secara rutin. Cara kerjanya bisa terjadi saat dalam kemoterapi atau sesudahnya. Anda bisa konsumsi kulit manggis semasa proses kemoterapi sebagai obat tradisional.

Seiring berkembangnya teknologi, kemajuan pengobatan secara medis semakin meningkat. Akan tetapi alangkah baiknya jika semua itu diimbangi dengan obat tradisional. Manfaatkan semua tanaman alami yang juga memiliki kandungan zat anti kanker yang ampuh. Itulah beberapa obat tradisional kanker serviks seperti kunyit putih, daun sirsak dan kulit manggis. Semoga Bermanfaat.

Informasi Menarik Lainnya

 
 
 
 
 



0 komentar:

Post a Comment