Sunday 27 December 2015

Bagaimana cara membentuk keluarga bahagia untuk setiap orang

Setiap orang pasti mengidamkan keluarga yang bahagia, sebaliknya tidak seorangpun yang akan nyaman bila kondisi keluarganya selalu ada masalah. hal itu dikarenakan keluarga merupakan satuan terkecil dari komunitas. Jika dalam keluarga selalu diliputi rasa cinta dan kasih sayang pastinya dapat menjadi landasan untuk selalu semangat dalam melakukan aktivitas di komunitas yang lebih besar.


Bagaimana cara membentuk keluarga bahagia untuk setiap orang
Image Courtesy of [photostock] FreeDigitalPhotos.net
 Keluarga Bahagia 

Akan tetapi, pada kenyataannya deskripsi keluarga bahagia tidak selalu dapat dirasakan oleh setiap orang. Kerikil-kerikil kecil bisa saja menjadi penyebab timbulnya perselisihan dalam keluarga. Biasanya bagi yang baru menjajaki bahtera rumah tangga akan lebih berpotensi untuk terjadi perselisihan karena masih dalam tahap adaptasi. Anda harus peka agar bisa menjadi istri yang baik untuk suami.

Lalu timbul pertanyaan: Bagaimana cara membentuk keluarga bahagia untuk setiap orang? Berikut beberapa tips untuk membentuk keluarga bahagia yang pasti dapat dilakukan oleh semua orang:

1. Rajin-rajinlah Anda Menjalin Komunikasi dengan Anggota Keluarga Lainnya.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa manusia adalah makhluk sosial, maka tentu tidak bisa lepas untuk Anda menjalin hubungan dengan orang lain terutama dalam keluarga. Sesibuk apapun Anda beraktivitas, tidak ada salahnya untuk sedikitnya menyapa anggota keluarga. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini maka semakin mempermudah Anda untuk selalu dapat sekedar mengucapkan "Selamat makan siang" atau "Selamat beraktivitas". Jangan salah, terkadang hal-hal kecil seperti ini bisa sangat berarti untuk mempererat hubungan keluarga. 

2. Perbanyak Melakukan Kegiatan secara Bersama-sama

Banyak hal yang bisa Anda lakukan secara bersama-sama dengan keluarga. Jika Anda dapat melakukan kegiatan bersama secara rutin dengan anggota keluarga lainnya maka pasti akan menjadi sebuah kebiasaan. Hal ini dapat semakin menambah harmonis hubungan keluarga karena pasti Anda akan merasa ada yang kurang ketika tidak melakukannya. Anda bisa sekedar minum teh bersama sebelum berangkat ke kantor atau jalan-jalan sekitar rumah saat libur hari minggu. Menonton bioskop saat liburan juga dapat menjadi hal yang asik untuk dilakukan bersama-sama.
Bila perlu coba tambahkan kencan malam romantis sebagai pasangan suami istri. Melakukan kegiatan secara bersama-sama dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membentuk keluarga bahagia.

3. Bijaklah Membagi Waktu antara Bekerja dan Bersama keluarga

Dalam kehidupan berkeluarga, porsi yang tepat antara waktu bekerja dengan bersama keluarga selalu dapat menjadi obat untuk semakin mempererat hubungan. Tunjukanlah perhatian kepada anggota keluarga Anda saat melewati waktu bersama. Misalnya, Anda bisa sedikit mengeluarkan candaan agar semakin cair suasana. Berhenti sejenak memikirkan pekerjaan dan Anda bisa manfaatkan waktu bersama keluarga dengan bijak agar impian mendapatkan keluarga bahagia dapat terwujud.
4. Hargailah Anggota Keluarga Lainnya

Pada hakikinya, setiap orang selalu membutuhkan pengakuan dari orang lain. Dalam rumah tangga bila rasa saling mengahargai selalu diutamakan pasti akan muncul kebahagiaan. Sebaliknya jika tidak ada rasa saling menghargai pasti akan timbul percekcokan dan tidak nyaman karena bisa timbul rasa tertekan, terlebih-lebih oleh orang yang paling dekat seperti suami atau istri. Anda bisa memulai dengan mengambil keputusan secara bersama dengan anggota keluarga lain saat hendak menentukan
tujuan liburan dan membeli kendaraan baru.

5. Tanamkan Rasa Saling Mempercayai Antar Anggota Keluarga

Hubungan yang tanpa dilandasi rasa saling mempercayai pasti sangatlah sulit. Saling curiga bisa dengan mudah muncul yang akhirnya akan menimbulkan ketegangan. Untuk itu, alangkah baiknya antar anggota keluarga selalu menanamkan rasa percaya baik dari segi akhlak maupun kemampuan agar keluarga bahagia dapat tercapai

Dengan menerapkan beberapa hal, membentuk keluarga bahagia untuk setiap orang bukanlah hal yang sulit dan mustahil. Tidak ada gading yang tak retak, tapi kita dapat menjaga dasar-dasar bagaimana membentuk keluarga bahagia.

Informasi Menarik Lainnya

Tips Hemat Uang Belanja untuk Ibu Rumah Tangga
Tips Kerja dari Rumah untuk Ibu Rumah Tangga   
Bagaimana Cara Mengajari Anak Merawat Hewan Peliharaan   
4 Hal Negatif yang Seharusnya tidak Anda Katakan kepada Anak Anda
Bagaimana Cara Mengetahui Gejala Awal Kanker Payudara pada Wanita?



0 komentar:

Post a Comment